Kesenian Yogyakarta: Tari Turonggo Manis

0 14

Tari Turonggo Manis merupakan sebuah tarian yang di dapat dari inspirasi kesenian Jathilan yang merupakan bagian dari kesenian Reog Ponorogo, dimana pada pertunjukannya ditengah-tengahnya ada pertunjukan jathilan putrinya. Pertunjukan Tari Turonggo Manis ini sebagai sajian yang ketiga pada acara Sewindu Bale Seni Condroradono di Ndalem Mangkubumen pada tanggal 3 November 2017.

Dari inspirasi ini maka Dr. Kuswarsantyo, M. Hum yang terkenal dengan Doktor Jathilan ini ingin membuat sesuatu tentang tari yang mempunyai ciri yang menunjukan kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk iringannya sendiri mengambil dari Gendhing Jaran Teji karya Ki Tjokrowarsito yang merupakan salah satu Maestro Karawitan yang lama tinggal di Amerika Serikat (USA), dimana gendhing ini sangat popular dan menginspirasi,  yang membuat Tari Turonggo Manis ini di buat.

Lewat lirik lagu inilah maka dibuatlah sibol-simbol melalui gerakan-gerakan tarian yang cekrak-cekrak ngiri-ngiri (mengoda). Jaran teji komper mlayune artinya jaran itu lajunya kencang tapi kadang-kadang sedikit terlambat dengan satu sama lainnya, saling kejar mengejar dimana pasti ada yang di belakang dan didepan. Dari lagu inilah maka di buatkan gerak yang lebih atau cenderung gerak tari tradisional yang khas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tari Turonggo Manis ini tidak lepas dari gerak tari dari kesenian Jathilan yang ada di Daerah istimewa Yogyakarta, walaupun pada gerak tari jathilan banyak merupakan gerak untuk laki-laki tapi disini dirubah geraknya menjadi lebih feminim dan lebih manis karena dilakukan oleh para wanita dalam tarian ini sesuai dengan judul tariannya Tari Turonggo Manis dimana lenggak-lenggoknya semua kemayu. Makna dari Tari Turonggo Manis ini adalah menunjukan atau menyimbolkan kekuatan, dimana tidak hanya laki-laki saja yang punya kekuatan tapi wanita juga bisa kuat bilamana dia punya kemampuan, kredibilitas, kapasitas dan pengetahuan yang bagus.

Wanita akan sekuat apa yang dipunyai para lelaki dimana tidak semua wanita itu harus di bawah kekuasaan laki-laki, tapi wanitapun bisa menunjukan kemampuan (Turonggo Manis). Kekuatan wanita dalam memperjuangkan haknya disimbolkan dalam tarian ini. “wanita juga bisa” Untuk dinamika atau iringannya dalam Tari Turonggo Manis tetap mengandalkan kerampingan dalam hal ini penata iringan gamelan dibuat sedemikian rupa dimana disini ada permainan perkusi didepan dan di belakang menjadi bumbu yang mengairahkan pada tarian ini. Dari semua ini, Tari Turonggo Manis sangat mencirikan kesenian rakyat apalagi dipadu dengan iringan tarinya yang menambah atau memberikan greget pada tarian dan para pelaku tari yang dapat memainkan perannya dengan lugasnya.

Source https://myimage.id https://myimage.id/tari-turonggo-manis/
Comments
Loading...