Kesenian Yogyakarta: Tari Nyi Panglipur

0 54

Tari Nyi Panglipur

Tari Nyi Panglipur merupakan sebuah tarian yang menggambarkan ciri khas dari pencipta tarian ini yang terangkum sebagai ritus kesuburan bertabir kekenesan untuk meluluhkan hati yang sedang susah ataupun sedih dalam gending Rog-rog Asem. Ini merupakan tarian kelima yang ditampilkan pada Gelar Karya Dosen 2017 di Auditorium Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesi Yogyakarta, jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon, Bantul Yogyakarta pada tanggal 11 November 2017 dengan tema “ Keberagaman Warna Satu Rasa”.

Tari ini terispirasi dari tari Gambyong Gambirsawit Rog-rog Asem dimana tarian ini mengharapkan generasi muda sekarang ini mau mempelajari dan melestarikan tarian klasik walaupun mereka kreasikan menurut jaman sekarang sebagai tarian penghibur. Tari Nyi Panglipur karya B. Sri Hanjati ini ditarikan oleh 8 penari yang menggunakan gerak dasar tari klasik Gambyong yang di bawakan dengan apik dan kompak, kadang ditengah-tengah tarian diselinggi sedikit gerak yang mengandung makna humor/kenes yang membuat penonton pasti tersungging senyum.

Dengan iringan gamelan Jawa komplit membuat tarian ini enak untuk dinikmati, alur ceritanya mengalir dengan sendirinya dan alami. Disini juga diceritakan bahwa Nyi Panglipur yang masih bersanding dalam keniscayaan masa lalu menuju masa kini yang meniupkan seribu setanggi bagi pewarisnya. Ciri yang menonjol dalam  penarinya tarian ini adalah memamerkan kekenesan dari sang penarinya. Riasan dan busana yang cenderung berwarna hijau dan keemasan menambah keelokan tarian ini.

Dengan lighting yang sempurna tarian ini seakan menceritakan perjalanan dari masa lalu ke masa sekarang ini. Tebaran sinar yang membentuk shadow bagi penarinya sangat enak untuk dinikmati bagi penonton di Auditorium Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesi Yogyakarta. Semoga tarian klasik Jawa yang dibuat kekinian membuat khasanah seni dan budaya bertambah kaya dan bagi generasi sekarang diharapkan mampu melestarikan seni dan budaya yang adi luhung yang mana di bantu oleh para senior yang mengarahkan jalan mana saja yang harus di jalaninya.

Source https://myimage.id/ https://myimage.id/kenesnya-tari-nyi-panglipur/
Comments
Loading...