Kesenian Yogyakarta: Tari Beksan Srimpi Renyep

0 30

Tari Beksan Srimpi Renyep

Tari Beksan Srimpi Renyep adalah salah satu tarian klasik Jawa yang ditarikan oleh utusan dari Kadipaten Pura Pakualam Yogyakarta pada acara Gelar Budaya Jogja, Catur Sagotra ke 7, tahun 2017 pada tanggal 12 sampai 13 Oktober 2017. Tarian ini mempresentasikan sebagian perjalanan penting menjelang surutnya dalem Kanjeng Sri Paduka Pakualam VII pada tahun 1996 selama mengemban tahta di Kadipaten Pura Pakualam Yogyakarta. Tari Beksan  Srimpi Renyep mengetengahkan masa transisi menuju kemerdekaan Republik Indonesia.

Sampai pada masa periode pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilalui, bersama Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dimana selanjutnya merupakan ungkapan kepemimpinan Sri Pakualam VIII yang memayungi seluruh keluarga dan warga di wilayah Kadipaten Pura Pakualam Yogyakarta.Rangkaian sejarah tersebut diekspresikan dalam pagelaran Tari Beksan  Srimpi Renyep ini. Tari dari Kadipaten Pura Pakualam Yogyakarta ini bukan sebuah ungkapan naratif tetapi lebih  mengedepankan keharmonisan dalam menyikapi kehidupan yang sangat dinamis sekarang ini.

Panata Tari Beksan  Srimpi Renyep ini adalah Nyi MT Probonagoro, penata iringan lagunya adalah KMT Purwodipuro, penata rias dan busana adalah BRAy. Indrokusumo, sedangkan para penarinya adalah Nyi MB Hesturini,  Nyi ML Matoyo HAyurini, Nyi ML Matoyo Putri dan Nyi ML Puspitomatoyo. Tarian ini di tarikan oleh empat penari, yang mana ke empat penari ini memiliki paras yang sangat cantik, tubuh yang sempurna dengan busana yang di kenakan sangat indah sehingga ketika menarikan tampak sangat anggun dan rupawan laksana bidadari turun dari khayangan. Dengan gerak yang kompak dan gemulai tarian ini di sajikan dengan eloknya. Aura magic terasa sekali pada tarian ini yang mampu menghipnotis para penontonnya sampai terkesima sampai tarian ini selesai ditarikan.

Secara umum Tari Srimpi melambangkan empat mata angin atau empat unsur yang ada di dunia yaitu api, angin, air dan tanah. Tarian ini memiliki kedudukan yang sangat istimewa di Kraton-kraton Jawa dan hanya di tarikan oleh orang-orang pilihan dari Kraton. Pada perkembangannya dari tahun ketahun tarian ini perubahan, di mana durasi waktunya pada Tari Beksan  Srimpi Renyep ini hanya dipentaskan kurang lebih 20 menit pada acara ini.

Ini sangat spesial sekali karena dulunya tarian ini hanya orang-orang Kraton saja yang bisa melihat karena hanya ditarikan pada waktu tertentu, pada acara ini kita dapat menyaksikan keindahan tarian ini, dimana ternyata di Catur Sagotra ini memang bertujuan memperlihatkan kepada masyarakat akan persatuan ke empat trah Mataram dalam ikatan falsafah budaya dan keterikatan sejarahnya.

Source https://myimage.id https://myimage.id/sakralnya-tari-beksan-srimpi-renyep/
Comments
Loading...