Kesenian Yogyakarta: Beksan Gatotkoco Sutejo

0 70

Beksan Gatotkoco Sutejo

Beksan Gatotkoco Sutejo adalah sebuah tari klasik gaya Yogyakarta yang menceritakan tentang perebutan tanah Kikis Tunggorono yang merupakan sebuah hutan yang terletak diperbatasan antara wilayah Kerajaan Trajutresno yang merupakan sebuah Kerajaan di bawah kekuasaan Sutejo dan Kerajaan Pringgodani dibawah kekuasaan Raja Gatotkoco. Tarian ini ditarikan pada Pagelaran Pariwisata di Pendopo Srimanganti oleh ISI Yogyakarta, yang merupakan sebuah acara rutin yang digelar pada tanggal 21 Januari 2018 yang bertujuan sebagai tontonan bagi wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi Kraton Yogyakarta. Selain itu, pagelaran ini sebagai tempat dan sarana ekspresi bagi seniman-seniman Yogyakarta.

Tarian ini merupakan petilan dari cerita yang diambil dari Wayang Wong yang sudah lama ada, bahkan dari masa Hamengku Buwono VII dan VIII, cerita ini sudah ada. Dalam perebutan Kikis Tunggorono ini ada bagian dari peperangan antara Gatotkoco dan Sutejo. Beksan ini diperpendek dari cerita yang utuh dan geraknya yang sudah ada. Artinya cerita yang dulunya panjang diperpendek dan disederhanakan, karena kalau secara utuh akan panjang sekali waktunya, yang dulu sering ditampilkan di dalam Kraton Yogyakarta.

Menurut cerita versi aslinya aslinya, perang antara Gatotkoco dan Sutejo ini sangat unik dimana Gatotkoco mempunyai kelebihan yang bisa terbang kesana kemari, tapi Sutejo tidak kalah uniknya juga, dia mempunyai burung garuda yang menurut kepadanya. Jadi perang keduanya ini tidak hanya perang didarat saja, tapi juga di udara. Sebelum pada adegan perang pada Gatotkoco dan Sutejo ini, di pinggir panggung utama mereka melakukan gerakan muryani busono dulu.

Gerak dasar dalam Beksan Gatotkoco Sutejo ini ada dua, dimana pada gerak Gatotkoco memakai Kambeng. Gerak Kambeng adalah gerak yang dipakai khusus atau pokok untuk keturunan Bathara Bayu, seperti Werkudoro, Ontoseno, Ontorejo, sedangkan untuk gerak Sutejo memakai gerak dasar Kalakinantang Rojo, dimana untuk gerak-gerak yang lain seperti waktu maju gending, ulap-ulapan mejeng, lampah sekar, tingting, payungan (gerak berjalan), trisik (gerak yang menggambarkan adegan terbang). Semua gerak gerak ini dipakai kedua tokoh ini dilakukan secara berulang-ulang yang disisipi dengan gerak yang lain.

Busana pada Beksan Gatotkoco Sutejo ada perbedaan, dimana untuk busana Gatotkoco memakai gelung, jamangnya mangkoro, kancing gelung, sampur melintang di dada, kaweng, kalung pananggalan, probo (identitas raja). Sedangkan riasan kumis dan alis pada Gatotkoco memakai kambeng, sedangkan Sutejo memakai Kalakinantang. Dari ini dapat dilihat karakter bahwa Gatotkoco memiliki karakter tenang, mantap dan tegas, sedangkan Sutejo memiliki karakter yang lebih dinamis dan ekspresif.

Sedangkan irama yang mengiringi tarian ini menggunakan gamelan klasik Jawa dengan iringan satu seperti sigromangsih, agun-agun yang kesemuanya ini biasanya dipakai untuk tarian gagah dimana dapat diistilahkan dengan midhak mirono, artinya gerak tari harus sesuai dengan ketukan iramannya.

Even pariwisata sedapat mungkin tidak hanya memikirkan keuntungan saja, tapi lebih dilihat dari sisi pelestarian tari klasik khas Yogyakarta. Pada penampil di Pendopo Srimanganti ini memang dari banyak organisasi dan sekolah kesenian, tapi Kraton mengharuskan yang tampil disini harus tari klasik Yogyakarta. Dari kesemuanya itu harus ada kondo dan pucatan. Hal ini menunjukan bahwa Kraton Yogyakarta menunjukan konsistensinya terhadap culture atau tradisi yang dari dulu sudah ada, dan hal ini harus dihayati dan dipahami oleh para penampil tari di Pendopo Srimanganti ini.

Setelah tampil disini memang ada evaluasi dari pihak Kraton, dimana memang di setiap tampilan selalu di pantau oleh pihak Kraton secara keseluruhan mulai dari gerak, busana, riasan sampai pada iringan lagunya yang dilakukan secara live show semuanya. Jika ada kesalahan maka diberi tahu dan segera diperbaiki untuk tampilan bulan berikutnya sehingga menjadi sempurna sesuai harapan dari Kraton Yogyakarta.

Source https://myimage.id https://myimage.id/beksan-gatotkoco-sutejo/
Comments
Loading...