budayajawa.id

Kesenian Wulang Sunu Di Temanggung

0 18

Kesenian Wulang Sunu Di Temanggung

Seni Wulang Sunu tidak dapat diketahui dari mana asalnya dan siapa penciptanya sebab tidak ada data-data sejarah ataupun informasi yang menerangkannya. Kesenian ini yang jelas telah timbul setelah terbitnya buku “Wulang Sunu” karya Paku Buwana IV pada sekitar akhir abad ke-18.

Sejarah hadirnya Seni Wulang Sunu karena pada waktu itu masih jarang ada orang yang pandai membaca dan menulis. Lebih-lebih pada masyarakat pedesaan sehingga penyebaran isi (ajaran) buku ‘Wulang Sunu” karya Paku Buwana IV ini mengalami kesulitan. Untuk memudahkan memahami isi buku tersebut, maka penyebarannya dilakukan lewat media kesenian yang kemudian dikenal dengan seni Wulang Sunu.

Seni Wulang Sunu diolah menjadi lebih sempurna. Gerak-gerak tarinya digarap dengan lebih baik. Ketika menari telah banyak menggunakan desain lantai dengan gerakan berputar, 2 lingkaran kecil di samping desain lantai garis lurus yang telah digunakan sebelumnya. Di samping itu, kostum dan tata rias juga mengalami peningkatan. Sehingga, fungsi dalam masyarakatpun mengalami peningkatan.

Source http://temanggung.dosen.unimus.ac.id/ http://temanggung.dosen.unimus.ac.id/perpustakaan/tari-wulang-sunu/
Comments
Loading...