Kesenian Wayang Kampung Sebelah Semarang

0 15

Wayang Kampung Sebelah merupakan sebuah pertunjukan wayang dengan aliran seni wayang modern atau kontemporer, pertunjukan ini di kemas dalam suasana lucu dan unik. Dengan dalang Jlitheng Suparman sebagai pencipta wayang  ini yang berasal dari kota Solo, dan sinden yang membawakan lagu-lagu modern, wayang kampung sebelah ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat modern sekarang yang di kemas apik dan lugas.

Wayang Kampung Sebelah ini di gelar di jalan Ketileng Raya no 13 Semarang, dalam rangka menyambut Ulang Tahun yang Ke 28 Pondok Pesantren Salafiyah Az Zurhri dengan judul “Mawas Diri Menakar Diri” yang menceritakan bahwa kita hendaknya selalu mawas diri, jangan hanya mencela orang lain tapi lebih baik kalau kita selalu berbuat baik terhadap masyarakat di sekeliling kita. Kita di tuntut berkarya di masyarakat jangan hanya selalu menunggu uluran tangan dari pemerintahan, tapi apa yang bisa di berikan kepada bangsa dan negara kita lewat karya dan prestasi kita. Yang pada intinya, kita dituntut untuk menciptakan masyarakat yang adil dan beradap di lingkungan dengan arif dan bijaksana.

Yang menyaksikan Wayang Kampung Sebelah ini tidak hanya di isi oleh kaum muda, tapi anak-anak dan orang tua juga banyak, karena di kemas dalam suasana yang rileks, pertunjukan Wayang Kampung Sebelah dapat dinikmati oleh siapa saja dan mereka sangat terhibur dengan pertunjukan yang di tampilkan. Wayang Kampung Sebelah diiringi bukan dengan gamelan layaknya wayang kulit yang pakem, tapi diiringi oleh alat music yang lebih modern seperti perkusi, gitar, suling, kendang, ansamble dan lagunya pun di kemas dengan modern juga yang kocak dan jenaka, sehingga yang menonton dari anak-anak sampai orang tua sangat terhibur apalagi si dalang dan sinden serta pemain alat musiknya terjadi interaksi sacara terus menerus dalam suasana yang jenaka.

Tokoh-tokoh Wayang Kampung Sebelah juga menampilkan atau mengambarkan kehidupan sehari-hari yang sangat familiar di kehidupan kita seperti Pak RT, Lurah, Dokter, Perawat, Arsitek, Tukang becak, Tukang jamu bahkan tokoh pemerintahan pada masa sekarang ini. Lucu dan unik merupakan ciri khas Wayang Kampung Sebelah, sehingga pertunjukan wayang ini mudah di terima kehadirannya oleh masyarakat luas. Suatu genre wayang yang kreatif (budaya modern) di tampilkan disini dan sangat menghibur siapa saja yang menonton.

Source https://myimage.id/ https://myimage.id/wayang-kampung-sebelah/

Leave A Reply

Your email address will not be published.