Kesenian Wayang Garing Dari Banten

0 200

Kesenian Wayang Garing Dari Banten

Pergelaran wayang kulit tanpa iringan gamelan dan tembang para pesinden, mungkin sulit dibayangkan bentuknya. Bagi yang belum pernah menonton, boleh jadi itu merupakan seni pertunjukan yang membosankan, tidak meriah, dan terasa garing (kering).

Wayang kulit selama ini selalu melibatkan penabuh gamelan (pangrawit), pesinden (swarawati), dan sang dalang (juru barata). Bahkan, belakangan muncul “kecenderungan” baru menampilkan kolaborasi wayang kulit dengan pelawak, penari, dan penyanyi.

Wayang kulit tanpa iringan gamelan dan pesinden yang melawan arus kecenderungan baru tersebut dinamakan wayang garing. Wayang garing adalah salah satu kesenian wayang yang lahir di Kabupaten Serang, Banten, yang hingga kini sering muncul di pelosok pedesaan.

Istilah “wayang garing” itu diberikan masyarakat yang melihat wayang itu sebagai pagelaran seni yang unik dan berbeda dari lazimnya pertunjukan wayang. Garing artinya kering, tidak ada apa-apanya. Kalau sungai dikatakan kering, berarti enggak ada airnya.

Begitu pula dengan wayang garing. Disebut garing karena wayang ini enggak ada musiknya, gamelan beserta 15 panjaknya, dan enggak ada sindennya. Dalam hal ini, peran pangrawit dan pesinden dirangkap oleh sang dalang.

Wayang Garing adalah seni pertunjukan wayang kulit yang berkembang di Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Usaha untuk menciptakan pertunjukan wayang ini sudah dirintis sejak masa Sultan Ageng Tirtayasa. Ide pembentukan seni pertunjukan Wayang Garing bertujuan untuk menceritakan tentang perjalanan sultan-sultan di Banten serta cerita tentang babad Banten, agar sejarah mengenai Banten tetap dikenang oleh masyarakat.

Namun seiring dengan perkembangan waktu, tema cerita yang dipentaskan dalam Wayang Garing mengalami perubahan. Selain tema yang menceritakan perjalanan sultan-sultan Banten dan babad Banten, juga dikembangkan tema-tema lain yang dikutip dari kisah-kisah dalam Mahabarata, Ramayana, dan Lokapala. Dengan demikian, cerita yang dipentaskan dalam Wayang Garing tidak hanya bernilai sejarah tetapi juga bernilai hiburan.

Source https://www.facebook.com/notes/wayang-nusantara-indonesian-shadow-puppets/wayang-garing-wayang-asli-dari-banten/10150763731431110/ http://majalahteras.com/wayang-garing-kesenian-asli-khas-serang
Comments
Loading...