Kesenian Wayang Beber Gunung Kidul

0 79

Kesenian Wayang Beber Gunung Kidul

Kesenian Tradisional Gunungkidul tersebar di berbagai wilayah kecamatan, desa, dan padukuhan. Beberapa kesenian tradisional selain dipertunjukkan dalam acara rasulan atau bersih desa juga menjadi atraksi wisata pada saat-saat tertentu seperti: Festival Kesenian Gunungkidul (FKG), penyambutan tamu, kirab atau pawai budaya, ajang seni dan budaya daerah hingga pameran atau promosi wisata di luar daerah.

Salah satu kesenian tradisional yang berada di Gunungkidul adalah wayang beber. Wayang Beber merupakan salah satu dari 3 jenis wayang di Kabupaten Gunungkidul berdasarkan cara pertunjukannya dan jenis ceritanya selain wayang kulit dan wayang orang.

Wayang orang dan wayang beber saat ini cukup langka, satu-satunya kesenian Wayang Beber terdapat di Padukuhan (Dusun) Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Wayang kulit dipertunjukkan malam hari setelah tradisi rasulan atau bersih desa berlangsung dan kegiatan-kegiatan seni budaya lainnya.

Source http://kedaisusu01.blogspot.co.id/ http://kedaisusu01.blogspot.co.id/2012/11/kesenian-dan-atraksi-wisata-gunungkidul.html
Comments
Loading...