Kesenian Tradisional Pencak Macan Khas Gresik

0 101

Kesenian Pencak Macan merupakan kesenian khas Gresik yang telah berumur ratusan tahun lamanya. Kesenian Pencak Macan ini berasal dari daerah pesisir, tepatnya Desa Lumpur Kabupaten Gresik.

Kesenian Pencak Macan merupakan seni arak-arakan (pengiring) dalam Temu Pengantin, yang dimulai dari rumah pengantin laki-laki menuju kerumah pengantin wanita. Pada prinsipnya kebiasaan kesenian pencak macan dengan filosofis memiliki arti serta makna sebagai pengingat perihal liku-liku kehidupan saat menghadapi hidup berumah tangga untuk seorang pengantin lelaki serta pengantin wanita (sebagai suami istri).

Karakter-karakter yang tampil dalam Pencak Macan yaitu memiliki makna filosofis tersendiri. Berikut adalah peran, pemain dan karakter dalam Pencak Macan :

Pendekar/Ksatria

Melambangkan Manusia yang melambangkan sebagai panutan yang selalu mengajak pada kebajikan dan kebaikan untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Macan

Melambangkan sebagai pengantin laki-laki yang harus kuat dan berani pergi ke hutan untuk mencari nafkah bagi anak dan isteri serta keluarganya dirumah.

Monyet

Melambangkan sebagai sosok manusia yang jahil, nakal, serakah, lucu, dan suka menganggu dan membuat masalah.

Genderuwo

Melambangkan sosok syetan yang suka mengganggu dan selalu menggoda pada manusia dalam perbuatan tercela, terutama dalam kehidupan rumah tangga.

Source Kesenian Tradisional Pencak Macan Khas Gresik Kesenian Tradisional Khas Gresik Pencak Macan

Leave A Reply

Your email address will not be published.