Kesenian Tradisional : Gejog Lesung Klaten

0 59

Kesenian Tradisional : Gejog Lesung Klaten

Suara tabuhan musik yang harmonis dihasilkan justru bukan dari sebuah alat musik, alunan musik yang semarak bisa dihasilkan oleh alat pemisah padi dengan kulitnya. Lengkap dengan iringan berbagai tembang jawa dengan menghasilkan harmonisasi yang unik. Pukulan yang dihasilkan oleh alu, sebuah kayu panjang untuk menumbuk padi, juga lesung, rongga kayu berbentuk seperti perahu panjang sebagai tempat padi yang ditumbuk, seni ini dinamakan gejog lesung.

Kesenian Gejog Lesung lahir di Dukuh Soran Desa Duwet Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Jarak dari kota Klaten ±4 km arah utara Klaten. Lesung merupakan musik tradisional kuno yang saat ini hampir punah. Dan mempunyai nilai seni yang tinggi khususnya bagi para petani yang mengungkapkan rasa kegembiranya setelah musim panen padi tiba.

Kesenian ini mengandung unsur penyampaian informasi kepada masyarakat sekitar bahwa pada saat tersebut ada orang punya hajat dan ketika terjadi gerhana bulan. Kegiatan ini dilakukan turun temurun dan akhirnya menjadi suatu kesenian yang enak untuk didengarkan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpsmpsangiran/2017/03/15/gejog-lesung-salah-satu-kesenian-yang-tumbuh-dan-berkembang-di-sangiran/ http://paguyubanmanunggaljati.blogspot.co.id/2010/10/kesenian-tradisional-klaten.html
Comments
Loading...