Kesenian Tradisional Berjanji atau Barzanji Banten

0 39

Berjanji atau Barzanji adalah salah satu kesenian Banten yang sampai sekarang masih banyak dilakukan terutama di wilayah Serang Banten. Berjanji atau Barzanji adalah melafalkan Bacaan atau Sholawat Marhabaa yaitu sholawatan Nabi. Syair shalawat (puji-pujian pada Nabi Muhammad) yang ditulis Sekh Barjanji.

Sejak dulu Kesenian Berjanji atau Berzanji dimainkan oleh para orang tua pada peringatan maulid nabi, ritual mencukur rambut bayi, dan mengiringi prosesi sunatan anak yang menjelang akil baliq (remaja). Dahulu kesenian ini sering dilakukan oleh bengkong atau tukang sunat saat mengkhitan anak dikelilingi orang tua sambil melantunkan Marhabaa. Namun sekarang hal itu sudah jarang terdengar.

Sekarang kesenian ini hanya dilakukan pada waktu mencukur bayi berumur 40 hari. Dimana pembacaan Berzanji ini dilakukan bersamaan dengan dipindah-pindahkannya bayi yang baru dicukur selama satu putaran dalam lingkaran. Sementara baju atau kain orang-orang yang sudah memegang bayi tersebut, kemudian diberi semprotan atau tetesan minyak wangi atau olesan bedak.

Kesenian ini sekarang biasanya dilakukan di Masjid-Masjid perkampungan ataupun di rumah-rumah warga, biasanya orang-orang duduk bersimpuh melingkar. Lalu seseorang membacakan Berzanji, yang pada bagian tertentu disahuti oleh jemaah lainnya secara bersamaan. Di tengah lingkaran terdapat nasi tumpeng dan makanan kecil lainnya yang dibuat warga setempat secara gotong-royong.

Syair Marhabaa adalah menceritakan riwayat dan keluhuran budi Nabi Muhammad SAW yang patut ditiru terkait pengembangan pendidikan yang berbasis karakter (budi pekerti). Kesenian Islam ini awalnya dilakukan saat warga Madinah menyambut Nabi hijrah ke Kota Mekkah.

Di Indonesia, Marhabaa dikembangkan para ulama yang menyiarkan agama Islam. Pada abad ke-16 di Banten, Sultan Maulana Hasanuddin memadukannya dengan kesenian debus agar masyarakat tertarik memeluk agama Islam. Sekarang adakalanya Marhabaa dilantunkan dengan iringan rebana.

Source http://serangbanten.com/ http://serangbanten.com/kesenian-tradisional-perjanji-atau-barzanji/

Leave A Reply

Your email address will not be published.