Kesenian Topeng Tolay Dari Tangerang Banten

0 39

Kesenian Topeng Tolay Dari Tangerang Banten

Lingkung Seni Sunda Putra Tolay, grup topeng yang satu ini adalah salah satu grup topeng senior. Sanggar pimpinan Arsaya (alm) ini didirikan pada tahun 1965. Sosok Arsaya sendiri pernah bergabung dengan grup topeng Ponah dan Odah sebelum mendirikan Tolay.

Topeng Tolay merupakan salah satu jenis seni pertunjukan teater tradisi yang berkembang di Desa Sukabakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pertunjukan Topeng Tolay terdiri dari: musik Dangdut, Kliningan, Jaipong, Tari Gawil, Lawak dan Drama.

Di awal pendiriannya, bentuk pementasan Topeng Tolay ada kemiripan dengan pementasan Lenong Jakarta. Kemiripan itu, nampak dari struktur lelakon hal ini dimungkinkan karena ada kedekatan geografis antara Tangerang dan Jakarta. Terlebih Tangerang adalah sebuah kota sub urban yang menyangga Jakarta, memungkinkan terjalinnya proses asimilasi (perpaduan) unsur-unsur dua budaya secara terbuka.

Saat ini, sepeninggalnya Arsaya, kepemimpinan grup dipegang oleh istri almarhum, yakni Rokayah. Di tangan Rokayah, grup Putra Tolay dijalankan secara kekeluargaan. Grup tersebut terbilang cukup mapan dibanding grup topeng lainnya yang ada di Banten, hal ini terlihat dari fasilitas yang dimiliki. Di antaranya, mereka sudah memiliki alat musik, sound sistem, seragam, dan perkakas panggung sendiri. Selain itu, mereka juga sudah menerapkan sistem gaji perbulan bagi para personel tetapnya yang berjumlah enam orang.

Dalam setiap pementasannya, grup Putera Tolay biasanya membawa sebanyak 35-40 personel yang terdiri dari nayaga, sinden, kru panggung dan aktor. Saat ini, grup yang beralamat di Desa Parigi Curug ini lebih banyak ditanggap di wilayah Kabupaten Tangerang dengan jadwal pemanggungan perbulan paling sedikit 10 panggung.

Seperti halnya grup topeng lainnya, penamaan grup Topeng Tolay diambil dari nama karakter (tokoh) utama dalam lawakan. Tolay adalah sosok yang selalu dinanti-nantikan para penggemar topeng. Tolay adalah sinonim dari Tole. Beberapa hal yang menjadi kekhasan dari sosok Tolay bisa diinderai lewat make up, karakter, dan kostum. Selain merupakan warisan kesenian, Topeng Tolay ini penuh dengan lawakan yang menghibur para penontonnya.

Source http://abouttng.com/ http://abouttng.com/topeng-tolay/

Leave A Reply

Your email address will not be published.