Kesenian Topeng Hitam Di Boyolali

0 93

Kesenian Topeng Hitam Di Boyolali

Topeng Ireng (topeng hitam) menjadi sebuah kesenian terkenal di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Jateng. Topeng Ireng ini terinspirasi dari  daerah lain di Jateng, yaitu Magelang.

“Topeng Ireng ini terinspirasi dari Magelang tapi gerakan-gerakannya berbeda,” kata Suparno, anggota Topeng Ireng, kepada TribunSolo.com, belum lama ini. Adapun kelompok Topeng Ireng didirikan pada tahun 2004. Semula jumlah anggotanya 20 orang, terdiri dari 12 cowok dan delapan cewek.

“Namun sekarang tinggal 16 orang yang ikut tari topeng,” kata Suparno. Suparno dan kawan-kawan tak hanya tampil di Boyolali dan sekitarnya. Tetapi juga keluar kota bahkan hingga ke Pacitan, Jatim.

“Sekali penampilan tari topeng, dapat kisaran Rp 6 juta, dan uang itu masuk kas,” ujar Suparno. Adapun dahulu awalnya musik pengiring tari topeng adalah kasidah namun sekarang musik tradisional. “Acaranya seru, karena menampilkan kesenian tari yang menghibur,” kata Amalia, seorang penonton di Desa Lencoh.

Sekarang ditambah penampilan dangdut pada saat topeng ireng ditampilkan namun silih berganti pentasnya. “Untuk persiapan pentas-pentas ini biasanya latihan selama dua minggu,” kata Suparno.

Source http://solo.tribunnews.com http://solo.tribunnews.com/2017/11/22/kesenian-topeng-hitam-dari-selo-ini-tak-hanya-terkenal-di-boyolali
Comments
Loading...