Kesenian Tongklek Tuban

0 217

Kesenian Tongklek Tuban

Ada salah satu seni musik tradisional yang bisa dibilang sangat populer namun belum cukup terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Sangat populer bagi masyarakat jawa khususnya di wilayah kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur, tetapi bagi masyarakat luar Jawa tentu masih terasa begitu asing. Seni musik tradisional tersebut adalah tongklek.

Tongklek adalah seni musik tradisional yang dimainkan oleh sekelompok orang yang terdiri dari berbagai alat musik sederhana seperti patrol (kentongan yang terbuat dari bambu), perabotan rumah tangga seadanya seperti bak, ember, galon, serta perlengkapanperalatan lain yang penting bisa berbunyi.

Kata TONGKLEK itu sendiri diambil dari bunyi alat musik kentongan, jika dipukul pada bagian tengah tepat disamping lubang maka kentongan akan berbunyi “TONG” dan jika dipukul pada bagian bawah tepatnya di ruas bambu maka kentongan akan berbunyi “KLEK”.

Untuk penambahan alat musik suapaya lebih menarikserta enak di dengar biasanya pemain menambahkan gamelan dan gong. Tidak hanya itu, pemain juga bisa menambahkan alat musik moderen seperti orjen. Tidak ada atura standar alat musik yang digunaka kecuali jika dalam perlombaan, maka pemain tongklek wajib mematuhi aturan yang dibuat oleh panitia perlombaan.

Source Kesenian Tongklek Tuban Cumpleng
Comments
Loading...