Kesenian Tenun Baduy

0 287

Kesenian Tenun Baduy

Tenun dari Baduy merupakan sebuah kesenian tenun. Tenun Baduy memiliki kekhasan tersendiri baik dari segi bahan maupun ragam hias.

Tenun Baduy memiliki  fungsi sebagai identitas, khususnya terhadap nilai-nilai adat yang juga melambangkan eksistensi mereka. Keunggulan dari pembuatan kain yang dimiliki orang Baduy berkembang dalam berbagai wujud, sifat, bentuk, kegunaan, ragam hias, serta menjadi jati diri dan ciri khas masyarakat adat tersebut.

Tenun ini merupakan tenun yang memiliki  bentuk, bahan, pola hias, dan teknik pembuatannya yang rumit bagi orang yang awam. Tenun Baduy merupakan benda budaya yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai tradisi, adat istiadat, sejarah, dan kekayaan alam yang merupakan cerminan dari budaya mereka.

Keragaman dan keunikan kain tenun Baduy merupakan cerminan dari filosofi hidup mereka. Serta merupakan kreasi dari bentuk-bentuk simbolis yang tertuang dalam adat hingga kesehariannya.

Suku Baduy percaya bahwa mereka harus tetap ada dalam kesahajaan dan kesederhanaan. Sebab menurut kepercayaan mereka, meninggalkan kesederhanaan berarti membatalkan tapa di dunia. Hal tersebut sudah merupakan pemikiran dari masyarakat setempat.

Kegiatan menenun dalam masyarakat adat Baduy juga merupakan salah satu perwujudan dari konsep amalan tapa yang dilakukan perempuan Baduy. Karena membuat kain tenun merupakan pemenuhan kebutuhan sandang.

Perkembangan  masyarakat adat Baduy dalam tingkatan status sosial juga terlihat pada kepatuhan mereka terhadap pakaian yang mereka kenakan.  Masyarakat Baduy memisahkan status sosial berdasarkan wilayah pemukiman mereka ke dalam tiga bagian yaitu; TangtuPanamping, dan Dangka.

Pelapisan sosial ini pun memengaruhi tata cara mereka berpakaian dan menenun. Bahan kain tenun dan pakaian yang dikenakan oleh Baduy Dalam biasanya menggunakan warna putih.  Sedangkan Baduy Luar diberi identitas yang berbeda, yaitu berpakaian hitam.

Source Kesenian Tenun Baduy tentang budaya
Comments
Loading...