Kesenian Tayuban Blora

0 106

Kesenian Tayuban Blora

Tayuban merupakan kesenian yang tradisional lainnya dari seni Barongan dan Wayang Krucil, seni ini sangat dominan dengan tarian tarian penari yang sangat teratur dan para penabuh gendang yang mengiringi iramanya dengan kompak sehingga terciptanya kesenian yang sangat dinamis sangat indah untuk disaksikan. Seni Tayuban mempunyai arti tersendiri yaitu Tayub, Tayub menurut bahasa artinya “ditoto guyub” dan dalam seni ini sangat kental dalam pelaksanaanya, arti kental disini adalah dalam proses kesenian tayuban tidak pernah berubah sejak dulu hingga sekarang, jadi tidak ada perbedaan dalam proses pelaksanaannya tidak ada yang berbeda dari dulu.

 

Dalam Kesenian Tayuban ini, sifat kekeluargaan dan persaudaraan sangat dijunjung tinggi jadi salah satu manfaat dari kesenian ini adalah mempererta tali persaudaraan dan kekeluargaan masyarakat Blora. Biasanya kesenia Tayub akan dilaksanakan pada saat menerima tamu tamu besar dan terhormat serta para wanita yang menjadi penari akan menyerahkan sampur atau selendang yang dikenakan atas petunjuk pengarih, para tamu akan menari bersama dengan para penari, Tamu ini disebut juga “ketiban sempur” yang berarti orang yang akan diserahi sampur oleh para penari wanita.

Sifat yang paling menonjol dari Tayuban sendiri adalah sifat kekeluargan dan persaudaraannya, dan juga sangat merakyat dikalangan orang dewasa sampai anak anak, dan juga kaum orang kaya dan kamu orang miskin,semuanya mengenali seni Tayub ini. Seni Tayub ini merupakan acara penghormatan kepada para tamu tamu besar dan terhormat, para wanita menarikan tarian tarian khas dari tari ini mulai dari gayanya yang lemah lembut dan krancak, dan yang paling unik dari seni ini adalah turut menarinya para penonton atau tamu yang menghadiri, sehingga menimbulkan sifat persaudaraan yang kuat.

Namun,seiring perkembangan zaman dan arus globalisasi yang sangat deras,sama seperti kesenian Wayang Krucil dan Barongan, kesenian ini mulai perlahan terkikis dari hati masyarakat, hanya orang tertentu saja yang masih meminati kesenian ini, karena seni Tayub sendiri sudah tergeser dengan budaya budaya asing dari luar negeri, kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya turut melesatrikan kesenian ini,jangan sampai seni Tayub ini punah dan tidak bisa dinikmati oleh anak cucu kita, mari kita lestarikan seni ini.

Source http://bocahbloramustika.blogspot.co.id http://bocahbloramustika.blogspot.co.id/2015/11/kesenian-blora-tayuban.html
Comments
Loading...