Kesenian Tari Nginang

0 122

Tari Nginang merupakan sebuah karya tarian yang terispirasi dari kehidupan masyarakat perempuan Jawa khususnya yang mengisahkan tentang tradisi Nginang yang dibalut dengan tipe tarian yang  komika (comedian). Keunikan dari tradisi Nginang yang telah melegenda sejak jaman nenek moyang kita, dulunya dapat membuat gigi dan gusi kita menjadi lebih sehat dan kuat, serta dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Diera Globalisasi sekarang ini, tradisi Nginang sudah sangat susah sekali kita temui.

Gerak dalam tarian ini mengembangkan gerakan-gerakan dasar yang menggambarkan orang menginang dipasar maupun sekatenan, mulai dari gerakan mulut, tangan, badan dan sikap sehari hari mereka di dalam pasar yang mempunyai keanekaragaman situasinya, mulai dari yang lembah manah (pendiam) sampai pada yang wak-wakan (heboh) tapi masih berpijak pada tari gaya Yogyakarta. Busana yang dikenakan banyak mengambil dari warna-warna dasar dari bahan dasar kinang, mulai dari hijau yang diambil dari warna daun suruh, coklat diambil dari warna bakau, merah keorange diambil dari gambir yang sudah dikuyah sampai putih yang mengambil dari warna injet.

Riasan yang dipakai memakai riasan karakter yang cenderung riasannya menggunakan warna coklat, dimana disini ingin ditampilkan perempuan-perempuan Jawa yang tidak muda, diatas 30 an dan sedang senang-senangnya melakukan aktifitas menginang. Properti yang digunakan antara lain, tenggok, sepeda serta sarana menginang seperti suruh, daun sirih, injet dan gambir. Iringan pada tarian ini menggunakan midi live dimana midinya menggunakan terompet, float serta instrument di luar gamelan, sedangkan yang live menggunakan seperangkat gamelan.

Sebuah garapan tari yang dibuat dengan rasa komedian dengan harapan agar para penonton tidak bosan melihat tari-tarian yang rata-rata dibuat kesan serius. Disini juga muncul kejutan-kejutan adegan dengan harapan agar penonton semakin penasaran melihat adegan selanjutnya. Dengan tarian ini, kareografernya mengingatkan kembali bahwa kita kaya akan seni dan budaya yang harus selalu kita jaga, lestarikan dan dikembangkan sehingga menambah khasanah budaya Indonesia yang dapat dijadikan sebagai daya tarik Pariwisata serta tidak surut dimakan oleh lekangnya jaman globalisasi.

Source https://myimage.id https://myimage.id/tari-nginang/
Comments
Loading...