Kesenian Tari Gatotkaca Gandrung Jawa Tengah

0 23

Kesenian Tari Gatotkaca Gandrung Jawa Tengah

Gatotkaca gandrung adalah jenis kesenian gerak berirama yang mengisahkan tentang percintaan tokoh wayang terkenal yakni gatotkaca. Gandrung merupakan bahasa jawa yang memiliki arti “sayang”. Jenis tarian yang diambil dari kisah pewayangan tersebut rupanya ingin menunjukkan image romantisme yang dimiliki oleh kesatria Gatotkaca putra Bima.

Hal ini tentu saja akan memberikan warna baru dimana selama ini Gatotkaca kita kenal sebagai tokoh pewayagan yang selalu tampil dengan garang pada setiap kesempatan. Beberapa seniman juga menamai tarian ini dengan sebutan tari gatotkaca pergiwa. Karena memang dalam pementasannya menampilkan tokoh pewayangan gatotkaca dan pergiwa.

Tari Gatot Kaca Gandrung dari Jawa Tengah menceritakan kesatria Gatot Kaca yang sedang dilanda asmara. Sesuai hal itu, tema tarian ini adalah kisah cinta seorang kesatria yang sangat terkenal dalam cerita mahabarata. Kata gandrung dapat diartikan ‘cinta’, ‘tertarik’, atau ‘terpesona’.

Tarian ini menggambarkan tingkah laku Gatotkaca tatkala berangan-angan ingin mempersunting seorang putri menjadi istrinya. Kadangkala untuk lebih memberi hidup pada tarian ini ditunjukkan pula tokoh Pregiwa sebagai bayangan atau ilusi.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2015/10/sejarah-tari-gatotkaca-gandrung.html http://meandyouculture.blogspot.com/2017/04/tari-gatot-kaca-gandrung-dari-jawa.html
Comments
Loading...