Kesenian Tari Dhânggâ’ Pamekasan Madura

0 40

Tari Dhânggâ’

Tari Dhânggâ merupakan salah satu kebudayaan Madura yang berasal dari Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Nama budaya tersebut berasal dari akronim Madura (kèrata bhâsa) ialah Atangdhâng Magâgâ’(Dhang dan Ga’) yang artinya menari dengan gagah. Sayang, tari ini belum diketahui pencetusnya dan kapan dicetuskan, namun yang jelas berasal dari Malangan, Pademawu Timur, Pamekasan.

Tarian tersebut tidak terlepas dari kehidupan masyarakat Pademawu yang secara geografis terletak di pesisir pantai yang mayoritas mata pencahariannya sebagai pelaut. Begitu juga dengan Tari Dhânggâ’yang menggambarkan kehidupan pelaut mulai dari proses persiapan melaut, meliputi mendorong pelahu ke laut, mendayung sekaligus mengendalikan ke tempat tujuan dan akhirnya kembali ke tepi pantai. Sedangkan jumlah personel yang dibutuhkan adalah sembilan atau sepuluh penari. Ditambah properti perahu mainan dan delapan buah dayung yang dipegang oleh masing masing penarinya, dengan posisi satu orang di depan sebagai pemimpin, empat orang di kanan perahu dan empat orang di kiri perahu.

Budaya yang berada di urutan nomor tiga di Kabupaten Pamekasan ini memiliki lima macam gerakan. Pertama, tari pembuka hanya dilakukan oleh pemimpin tari yang menggambarkan proses persiapan melaut dengan cara memeriksa kesiapan perahu, kelengkapan barang-barang yang dibutuhkan serta anggota yang akan ikut melaut. Tari pembuka diiringi musik kentrungan yang berbunyi Ghem-Paaa’-Pring-Nang anang. Sedangkan akhir musik atau sebagai penanda untuk pindah ke musik berikutnya dan gerakan selanjutnya ialah menyerukan syair Madura seperti kembhâng jhâmbhu ko’cangko’an, maddhâ ambu ko’roko’an.

Tari mendorog perahu diiringi lagu yang berbunyi Ding-dingadingding-dingadingding-dingadingng-Ca’-ca’-ca’ hourdong. Alunan musik tersebut terus dimainkan hingga posisi perahu mainan yang dijadikan properti berada tepat di depan menghadap para penonton yang sedang menyaksikan. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan Tari Dayung. Bagian ini menunjukkan gerakan mendayung perahu sekaligus mengendalikan dari hembusan angin kencang dan terpaan ombak. ”Dalam menjalankan roda kehidupan dibutuhkan kepercayaan kegigihan dan kesabaran, sehingga setiap persoalan hidup yang kadang datang tidak diduga dapat terselesaikan dengan baik,” kata Zainal, menerangkan.

Gerakan mendayung diiringi musik yang diberi nama Nolimaan. Bunyinya adalah Pangending- ding, Pangending-ding, Pangending-ding…, Andung-dering-ding dung-tapeng. Musik tersebut akan berhenti setelah semua penari mengucapkan ‘ala-hayyu…oreee…’ secara bersamaan.

Keempat, Tari Pajâng (Tari Payang) yang memperlihatkan para nelayan di waktu menangkap ikan. Di sela-sela gerakannya, para penari menebar payang. Musik yang mengiringi gerakan ini berbunyi Ding-dingading ding,… Jhagghur…, ding-dungding- ding-dingadingding jhagghu. ”Pekerjaan harus dikerjakan sesuai dengan keahliannya atau porsinya masing masing. Kalau tidak, maka hasil yang diperoleh tidak akan optimal,” tukasnya.

Terakhir, tari menuju ke pantai atau tepi laut yang menggambarkan melaut sudah selesai dengan wajah gembira yang berseri-seri. Wajah berseri-seri tersebut yang ditunjukkan untuk mengungkapkan kegembiraan yang luar biasa karena berhasil melaut dengan membawa ikan yang banyak. Gerakan ini diiringi Musik Camplongan yang berbunyi Jahur-dore-aa, anding jahur-ando-rea, jahur-dore-aa, andeng jahur lea-lae. ”Suatu kebahagiaan adalah hasil dari sebuah perjuangan,” ujar Kepala SDN Tanjung II, Pademawu tersebut.

Kendati demikian, budaya tersebut masih harus tetap eksis dan dicintai oleh banyak kalangan, terutama masyarakat Pulau Garam, jika dilihat dari makna filosofinya yang bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata. Motivasi melestarikan budaya tersebut harus ada, sebab bisa tergeser oleh perkembangan zaman yang membawa budaya asing secara perlahan-lahan ke Indonesia.

Source http://matamaduranews.com http://matamaduranews.com/mengenal-tari-dhangga-budaya-madura-dari-pamekasan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.