Kesenian Tari Dewi Anjasmara Jawa Barat

0 543

Kesenian Tari Dewi Anjasmara Jawa Barat

Tari Dewi Anjasmara adalah tarian tunggal atau solo yang ditarikan oleh seorang perempuan. Tari ini berasal dari Jawa Barat. Tari Dewi Anjasmara ini menggambarkan Anjasmara putri yang mulia dari saga Jawa, tentang Damarwulan dan lawannya Minak Jinggo.

Cerita ini sudah ada sejak abad 15 di Jawa, tetapi koreografi tarian ini berasal dari abad ini, koreografernya adalah Raden Tjetje Somantri. Cerita dari tarian ini adalah saat Menak Jinggo mengancam kerajaan Majapahit.

Karena sang ratu telah menolak untuk menikah dengannya dan menjadi pengikutnya. Kemudian sang putrid Anjasmara meminta bantuan seorang ksatria. Ksatria itu adalah Damarwulan yang akan menjadi pahlawan dari cerita ini. Putri Anjasmara sangat menyesalkan misinya untuk menaklukkan Menak Jinggo.

Tarian ini menunjukkan bagaimana sang putri Anjasmara sedang mempersiapkan untuk memenuhi Damarwulan sebelum ia akan berangkat untuk berperang melawan Minak Jinggo. Suasana hatinya terus dan terus berubah-ubah, tapi kecantikkanya yang akan berhasil. Pada Tari Dewi Anjasmara ini melambangkan bahwa kecantikkan seorang wanita akan berkembang karena pengabdiannya terhadap orang yang dikasihinya atau dicintainya.

Source http://macam-macam-tarian-daerah.blogspot.com/ http://macam-macam-tarian-daerah.blogspot.com/2014/01/tari-dewi-anjasmara-asal-jawa-barat.html
Comments
Loading...