Kesenian Tari Bedaya Kajongan Dari Cirebon

0 77

Kesenian Tari Bedaya Kajongan Dari Cirebon

Tari Bedaya Kajongan adalah pertunjukan seni tari yang berasal dari Kraton Kanoman Cirebon. Tari ini dibawakan penari dengan jumlah yang genap, maksudnya bisa dilakukan dua orang, empat orang, dan enam orang. Alasannya tari ini menggambarkan adegan perang dan harus dilakukan secara berpasang.

Asal usul Tari Bedaya Kajongan Kraton Kanoman Cirebon diciptakan oleh Sultan Raja Zulkarnen – Sultan Kanoman VIII. Tari ini menggambarkan sikap satria yang tengah memerangi diri sendiri yang ditarikan oleh dua orang penari dan dua orang kincang dengan menggunakan Senjata Gada.

Mereka berperang dengan diiringi Lagu Perang Denda dan sampai sekarang tari ini terpelihara dibawah pengawasan Sultan Raja Mochamad Emirudin – Sultan Kanoman XII. Filosofi cerita perang yang dimaksud dari Tari Bedaya Kajongan Kraton Kanoman Cirebon yaitu peperangan yang harus dilakukan oleh setiap kaum wanita untuk menundukkan hawa nafsunya.

Tari Kajongan memang berbicara tentang peran penting wanita dalam membentuk masyarakat dan bangsa. Pesan yang terkandung dalam tarian ini adalah: Baik atau buruknya suatu bangsa tergantung pada kaum wanitanya. Apabila para wanitanya baik maka bangsa itu akan menjadi baik. Namun bila kaum wanitanya tidak bermoral dan dikuasai oleh nafsunya sendiri, maka bangsa itu akan rusak dan hancur.

Source https://teamtouring.net/ https://teamtouring.net/tari-bedaya-kajongan-kraton-kanoman-cirebon.html
Comments
Loading...