Kesenian Suku Sunda: Kirab Helaran

0 205

Kesenian Suku Sunda: Kirab Helaran

Suku sunda juga memiliki beberapa kesenian yang menjadi ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh suku sunda dan menjadi kebanggaan semua suku sunda. Berikut ini adalah beberapa kesenian yang berada di suku sunda :

 Kirab Helaran

Kirab helaran adalah salah satu jenis kesenian tradisional yang berada di suku sunda yang juga sering di sebut dengan seni pertunjukan rakyat yang sering ditampilkan oleh beberapa arakan yang berbentuk helaran, orang sunda juga sering menyebutnya dengan Sisingan. Pertunjukan dari Kirab Helaran ini juga bisa di jadikan sebagai upacara adat khitanan atau beberapa acara khusus yang lainnya yaitu seperti menyambut tamu yang datang, hiburan untuk peresmian, kegiatan yang dilakukan pada saat HUT Kemerdekaan RI atau bahkan untuk kegiatan beberapa hari besar yang lainnya.

Acara ini telah di ikuti oleh banyak orang yang akan diwakilkan dari semua kelurahan yang ada di Cimahi. Kirab helaran yang seperti arakan dan juga pernah di gelar pada saat Hari Jadi yang ke-6 Kota Cimahi. Kesenian kirap ini juga bertolak dengan Alun – alun di kota Cimahi dengan menuju kawasan perkantoran yang berada di Pemkot Cimahi yaitu yang beralamat di Jalan Rd. Demang Hardjakusumah yang di ikuti oleh beberapa kelompok masyarakat yang juga ikut menyajikan kesenian dari budaya Sunda seperti : Kesenian Kirab Helaran, Kesenian Gotong Gagak, Kesenian Calung, Kesenian Engrang, Kesenian Reog, Kesenian Barongsai dan Kesenian dari Klub Motor.

Source http://cintanegeri.com/ http://cintanegeri.com/apasih-kebudayaan-suku-sunda/
Comments
Loading...