Kesenian Slawatan Maulud

0 54

Kesenian Slawatan Maulud

 Asal Slawatan
Kesenian Slawatan merupakan bentuk kesenian Jawa yang mendapat pengaruh Islam, hal ini bisa dilihat dari para pemain yang selalu menyanyikan puji-pujian pada Tuhan dan Nabi Muhammad Saw. Syair salawat berisi tentang kebesaran Allah Swt dan kekaguman kepada junjungan Nabi Muhammad Saw.
Slawatan berkembang dengan cukup baik di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Alat musik yang dipergunakan adalah rebana. Ada yang mengatakan kesenian Rebana karena alat instrumen untuk mengiringi pertunjukan itu dengan rebana.
Kesenian Jawa yang mendapat pengaruh dari Islam ini disebut Slawatan karena dalam setiap pementasan para pemain yang terdiri atas beberapa orang itu selalu mengumandangakan shalawat. Syair shalawat ditulis di kitab Berzanji.
Fungsi Slawatan 
Fungsi utama dari kesenian Slawatan adalah sebagai alat penyebaran agama Islam. Fungsi yang lain adalah sebagai sarana hiburan, sebagai sarana untuk melatih kerja sama dengan orang lain, dan melatih berinteraksi dengan orang lain.
Selain rebana, alat yang dipergunakan adalah kendang, kempul, peking, ketuk, dan gong. Alat yang dipergunakan dalam pertunjukan ini memang terhitung sangat sederhana. Walaupun hanya menggunakan alat yang sederhana, tidak mengurangi keindahan pertunjukan Slawatan.
Source https://www.senibudayaku.com https://www.senibudayaku.com/2018/04/kesenian-jawa-dengan-pengaruh-islam.html
Comments
Loading...