Kesenian Setu Ponan ke 45, Pura Mangkunegaran

0 7

Setu Ponan ke 45

Setu Ponan ke 45 merupakan sebuah pagelaran seni budaya tari di Dalem Prangwedan Pura Mangkunegaran Solo, yang penyelengaraannya sudah memasuki yang ke 45 kali, acara ini diselengarakan setiap 35 hari sekali oleh Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Surakarta. Setu Ponan sebagai peringatan lahirnya KGPAA Mangkunegaran IX yang lahir pada hari Sabtu Pon. Terasa spesial sekali pada penyelengaraan Setu Ponan ke 45, yang mana tepat tanggal 13 januari 2018 sebagai pembuka tahun baru, walaupun banyak rintangan tapi berkat dukungan segala pihak mulai dari Pura Mangkunegaran, masyarakat pecinta seni sampai sanggar-sanggar tari yang ada, Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Surakarta sampai hari ini bisa menyelenggrakan yang ke 45.

Setu Ponan yang ke 45 juga tidak hanya bagian dari pelestarian seni dan budaya tari klasik Jawa, tapi juga sebagai tontonan bagi wisatawan lokal maupun asing yang mengunjungi Kraton Pura Mangkunegaran Solo, selain itu juga sebagai sarana ekspresi bagi seniman-seniman Solo dan sekitarnya. Selain menampilkan tarian Jawa Klasik, acara ini juga sering menampilkan tari kreasi baru maupun tari Nusantara seperti tari Bali. Kali ini yang tampil pada acara ini ada 7 tarian dari Jawa dan Bali dan diselingi tarian kreasi baru. Adapun tarian tersebut adalah:

Pendopo Dalem Prangwedan Pura Mangkunegaran Solo penuh sesak di kunjungi wisatawan local maupun asing yang duduk dikursi yang disediakan oleh Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Surakarta, bahkan banyak juga yang duduk lesehan didepan kursi untuk menyaksikan tarian ini lebih dekat. Semua yang menyaksikan acara ini tanpa diminta panitia sudah tertib dengan sendirinya. Mereka benar-benar menikmat sajian pagelaran ini.

Sanggar-sanggar tari yang tampil disini tidak hanya dari sanggar-sanggar Kraton Pura Mangkunegaran saja, seperti Langen Projo, Pakarti, Suryo Sumirat maupun dari ASGA Surakarta sendiri, tapi banyak juga sanggar-sanggar tari di luar Kraton Mangkunegaran. Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Surakarta selain sebagai pelopor penyelenggaraan acara Setu Ponan ini juga melakukan pembinaan yang membangun bagi sanggar-sanggar tari atau seniman-seniman tari yang mau tampil pada acara ini secara berkala dan berkelanjutan.

Setu Ponan ke 45 ini sebenarnya tidak hanya tarian saja yang ditampilkan, tapi juga seni dan budaya yang lain seperti mocopat, kerawitan, gamelan klasik Jawa. Hal ini sangat menarik sekali sebagai bagian dari Pariwisata untuk menarik wisatawan agar mau datang ke Kraton Pura Mangkunegaran Solo. Acara ini pertama kali di mulai 4 tahun yang lalu, yang tampilannya selalu bagus dan dapat dikatakan tampilannya kelas International. Sebuah acara yang merupakan bagian dari pelestarian Seni Budaya Tari Klasik Jawa Khususnya yang memperhatikan regenerasi pelaku budaya yang sangat menarik dilihat dari sektor Pariwisata.

Source https://myimage.id https://myimage.id/setu-ponan-ke-45/

Leave A Reply

Your email address will not be published.