Kesenian Reog Di Gunungkidul Yogyakarta

0 66

Kesenian Reog Di Gunungkidul Yogyakarta

Kesenian Tradisional Gunungkidul tersebar di berbagai wilayah kecamatan, desa, dan padukuhan. Beberapa kesenian tradisional selain dipertunjukkan dalam acara rasulan atau bersih desa juga menjadi atraksi wisata pada saat-saat tertentu seperti: Festival Kesenian Gunungkidul (FKG), penyambutan tamu, kirab atau pawai budaya, ajang seni dan budaya daerah hingga pameran atau promosi wisata di luar daerah.

Salah satu kesenian tradisional yang berada di Gunungkidul yaitu Reog. Reog atau sejenis jathilan topeng adalah salah satu atraksi kesenian tradisional Gunungkidul. Reog merupakan jenis kesenian rakyat yang bermuara dari cerita Panji dan biasanya dimainkan oleh ± 10 orang, yang terdiri dari Bancak dan Doyok (di Gunungkidul lebih dikenal dengan sebutan Penthul dan Tembem), prajurit Udeng Gilig, prajurit Kuda Kepang, Penongsong dan para prajurit. Reog diiringi musik kendang/dhodok, bendhe, kecrek, dan angklung.

Source http://kedaisusu01.blogspot.co.id/ http://kedaisusu01.blogspot.co.id/2012/11/kesenian-dan-atraksi-wisata-gunungkidul.html
Comments
Loading...