Kesenian Organ Tunggal Indramayu Pentas Musik di Atas Panggung

0 37

Berbagai macam jenis kesenian yang hidup tumbuh dalam masyarakat, akan selalu bergandengan dengan rutinitas dan kebiasaan masyarakat, sebagai contohnya terkait dengan upacara adat dan agama, kesenian tersebut dapat kita lihat salah satunya adalah musik.

Kesenian Organ Tunggal sangat terkenal di Indramayu, yaitu sebuah bentuk pentas musik di atas panggung. Pertunjukkan musik ini biasanya dimeriahkan oleh artis atau biduan lokal, dengan menggunakan alat musik yang besar, terutama piano elektronik. Terkadang dalam penyajian organ tunggal ini tidak mengutamakan suara yang merdu, namun lebih kepada postur tubuh serta ditambah dengan kemampuan gerakan tubuh yang energik sesuai dengan irama lagu atau musik serta dengan aksi panggung yang memukan penonton, aksi di atas pentas tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang menyaksikanya.

Observasi awal ditemukan para penonton dalam pertunjukan musik organ tunggal ini mayoritas adalah kaum remaja laki-laki dan wanita. Biasanya pertunjukan organ tunggal ini pada siang hari hanya untuk menghibur para undangan yang telah hadir. Pada acara malam hari hanya dihadiri oleh kaum pria saja yang mendominasi adalah remaja-remaja muda yang belum berumah tangga dan para kaum laki-laki yang sudah berkeluarga, acara tersebut dimulai pada jam 20.00-23.00. Semakin malam para biduan wanita sudah mulai bernyanyi dengan tarian dalam bentuk goyangan masih biasa saja, namun menjelang jam 23.00 sampai selesai pertunjukan semakain memanas, para biduan biasanya mengganti pakaian yang lebih sexy dengan tarian serta goyangan tubuhnya semakain erotis, yang tentu saja dapat menggugah “syahwat” kaum laki-laki.

Organ Tunggal ini biasanya sering digelar ketika acara-acara besar, seperti peringatan hari tujuh belasan, menyambut hari besar agama, misalnya Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Organ Tunggal beserta artisnya yang sangat ternama di Indramayu, ialah Rolani Electone dengan artis Aas Rolani, dan Puspa Kirana dengan artis Dewi Kirana. Kedua Organ Tunggal ini pun sudah melalang buana di panggung musik, bahkan termasuk di luar provinsi.

Source Organ Tunggal

Leave A Reply

Your email address will not be published.