Kesenian Nabeuh Sunda

0 22

Kesenian Nabeuh

Dalam Bahasa Sunda, kata ‘nabeuh’ mengandung arti memukul-mukul benda sehingga menghasilkan bunyi, seperti yang dilakukan oleh pemain kendang maupun perkusi. Dalam perkembangannya di kalangan pelaku seni tradisional Sunda, arti kata ‘nabeuh’ kini mengalami pergeseran.

Jika mulanya hanya berkaitan dengan aktivitas bermusik, kini ‘nabeuh’ mengandung arti yang lebih luas yaitu melakukan aktivitas seni pertunjukan berupa seni musik atau tari untuk kepentingan hajatan atau pesanan masyarakat. Pelakunya dipandang sebagai penghibur, penarik suasana, pemeriah pesta, bukan sebagai seniman tari maupun seniman musik.

Fenomena ini lah yang hendak diangkat oleh karya “Nabeuh” garapan Geri Krisdianto. Sebuah sorotan terhadap kondisi dilematis sekaligus dikotomis terhadap kenyataan yang dihadapi oleh para pelaku seni pertunjukan di negeri ini, yang terkadang membawa mereka pada persimpangan antara materi dan ekspresi, kebutuhan dan harga diri, kenyataan dan harapan. Meski bukan jalan buntu, namun persimpangan ini senantiasa menjadi persoalan yang harus senantiasa disiasati.

“Nabeuh” menghadirkan ilustrasi suasana nabeuh sebagai sajian dalam hajatan tradisional masyarakat Sunda. Dengan melibatkan berbagai unsur yang biasa muncul dalam prosesi tersebut dikaitkan dengan konsep karya. Menghadirkan dalam bentuk sajian tari kontemporer dengan melibatkan bunyi-bunyian yang dihasilkan dari tepukan atau pukulan terhadap berbagai anggota tubuh penari.

Geri Krisdianto mendedikasikan hidup sebagai penari, koreografer dan pelatih tari. Ia menjadi penari professional di dunia industri sejak tahun 2001, dan mendalami dunia kontemporer sejak tahun 2010 hingga saat ini.

“Nabeuh” sebagai karya garapan Geri Krisdianto bertujuan menyorot kondisi dilematis sekaligus dikotomis terhadap kenyataan yang dihadapi oleh para pelaku seni pertunjukan di negeri ini, yang terkadang membawa mereka pada persimpangan antara materi dan ekspresi, kebutuhan dan harga diri, kenyataan dan harapan. Meski bukan jalan buntu, namun persimpangan ini senantiasa menjadi persoalan yang harus senantiasa disiasati.

Source https://www.indonesiakaya.com/ https://www.indonesiakaya.com/galeri-indonesia-kaya/berita/detail/nabeuh-oleh-geri-krisdianto

Leave A Reply

Your email address will not be published.