budayajawa.id

Kesenian Lenong Tunah Dari Tangerang Banten

0 16

Kesenian Lenong Tunah Dari Tangerang Banten

Lenong Tunah merupakan kesenian asal Pekayon, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Lenong Tunah sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kesenian ini kemudian dikembangkan oleh pasangan suami istri, Hj. Tunah dan Jampang, pada tahun 1951. Setelah pasangan suami istri itu wafat, kesenian Lenong Tunah  kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Supriyati bersama sang suami, Ayub hingga kini.

Dalam pementasan Lenong Tunah ini biasanya akan diiringi dengan irama gamelan, suling, perkusi dan gendang. Jumlah personil yang biasanya tampil dalam pertunjukkan Lenong Tunah ini mencapai 45 orang untuk sekali pentas.

Pada dasarnya Lenong Tunah ini tidak jauh berbeda dengan Lenong Betawi. Biasanya yang dilakoni dalam Lenong Tunah ini adalah cerita rakyat Si Ayub dari Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Dimana dalam kisahnya, sosok Ayub menggambarkan sosok pemuda Tangerang yang berani melawan tirani dengan membela rakyat tertindas dari kompeni Belanda. Meski namanya tidak setenar lenong bocah, namun kesenian lenong tunah hingga kini masih tetap eksis mewarnai keragaman seni dan budaya di Tangerang khususnya Kabupaten Tangerang.

Source http://abouttng.com/ http://abouttng.com/lenong-tunah/
Comments
Loading...