Kesenian Kubro Siswo Di Temanggung

0 130

Kesenian Kubro Siswo Di Temanggung

Kubro siswo merupakan kesenian tradisional berlatar belakang penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa. Kubro berarti besar dan Siswo berarti siswa atau murid, mengandung arti murid – murid Tuhan yang diimplementasikan dalam pertunjukan yang selalu menjunjung kebesaran Tuhan.

Kubro siswo merupakan singkatan dari Kesenian Ubahing Badan Lan Rogo (kesenian mengenai gerak badan dan jiwa), sarana untuk mengingatkan umat Islam dan manusia pada umumnya agar menyelaraskan kehidupan dunia dan akhirat.

Kesenian Kubro siswo merupakan representasi dari oleh raga. Kesenian ini berarti mengajak masyarakat untuk gemar berolah raga, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Cukup masuk akal memang, karena kesenian ini berbeda dari yang lainnya.

Gerakannya cepat dan energik. Meskipun demikian tetap ada tatanan tarian yang harus diikuti dan harus seragam antara pemain satu dengan pemain yang lainnya. Lokasi kesenian Kubro siswo di Banaran Kecamatan Tlilir, Nglamuk Kecamatan Tlilir, Kaloran Kecamatan Kaloran, Kandangan. Dan beberapa kecamatan lain di Kabupaten Temanggung.

Source http://temanggung.dosen.unimus.ac.id/perpustakaan/kubro-siswo/ http://forpal.blogspot.co.id/2010/01/adat-dan-budaya-temanggung.html
Comments
Loading...