budayajawa.id

Kesenian Ketoprak Di Gunungkidul Yogyakarta

0 14

Kesenian Ketoprak Di Gunungkidul Yogyakarta

Pertunjukan ketoprak di wilayah DI Yogyakarta kian meredup. Pemanggungan rutin ketoprak semakin jarang digelar. Seniman ketoprak yang bertebaran di wilayah pelosok pedesaan akhirnya memilih beralih ke profesi lain.

Para seniman ketoprak tersebut tetap berharap pada era kebangkitan kembali seni tradisional ketoprak. Seniman ketoprak di Dusun Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Ngatijo, rindu untuk bisa kembali bermain ketoprak. Ketoprak di Gunung Kidul pernah menjadi tontonan populer di wilayah pedesaan sekitar tahun 1970-1980.

Meskipun seni ketoprak telah redup sejak tahun 1990-an, Ngatijo masih menyimpan pakaian pentas ketoprak dan tonil (dekorasi panggung berbentuk kain dinding) di rumahnya. Kelompok-kelompok ketoprak di DIY memang semakin surut.

Pergelaran rutin ketoprak kini hanya ditemui di Radio Republik Indonesia DIY dengan pemanggungan tiap satu bulan satu kali. Beberapa stasiun radio lainnya seperti Retjo Buntung, Arma, dan Kanca Tani tak lagi menggelar pentas ketoprak.

Pementasan ketoprak di wilayah pedesaan juga semakin jarang digelar. Grup-grup ketoprak yang masih bertahan biasanya berada di wilayah pelosok pedesaan di selatan DIY seperti di Bantul dan Kulonprogo. Ke depan, ketoprak harus kembali ke habitat asal sebagai tontonan rakyat yang mengungkap persoalan rakyat.

Ketoprak tidak bisa lagi mengandalkan bantuan dari pemerinta h untuk terus hidup dan berkembang. Masyarakat harus disadarkan tentang perlu atau tidaknya kehadiran ketoprak sebagai bagian dari kekayaan seni tradisional. Ketoprak harus didudukkan sebagai sumber pembelajaran seni bagi siswa karena di dalamnya tercakup seni peran, sastra, hingga seni tarik suara tradisional, ujar Risang.

Source http://kebudayaangk.blogspot.co.id/ http://kebudayaangk.blogspot.co.id/2011/03/ketoprak.html
Comments
Loading...