Kesenian Kethek Ogleng Kediri

0 264

Kesenian Kethek Ogleng Kediri

Kesenian Kethek Ogleng sendiri biasanya akan tampil dalam beberapa acara festival. Termasuk dalam salah satu tarian tradisional dari Kediri Jawa Timur dan memiliki gerakan yang langkahnya menirukan kaki kera.

Dalam setiap pertunjukan tarian ini, akan ada 4 orang penari. 3 penari perempuan dan penari laki-laki hanya 1 orang. Sama halnya dengan kota-kota atau daerah lainnya di Indonesia, Kediri juga memiliki tarian khas. Tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja yang banyak, tapi juga wisata kuliner, kesenian dan budayanya.

Awalnya tarian Kethek Ogleng ini sering ditarikan oleh warga desa di Tokawi, Nawang. Kemudian adegan atau tarian akan menceritakan hubungan percintaan dari Dewi Sekartaji dengan Raden Asmorobangun.

Tarian Kethek Ogleng sendiri akan diawali dengan masuknya seorang penari wanita terlebih dahulu ke dalam panggung. Kemudian akan ada 2 sampai 3 perempuan yang berperan sebagai dayang.

Dimana penari lainnya akan berperan sebagai Dewi Sekartaji atau putri kerajaan Jenggala. Kemudian penari laki-laki akan berperan sebagai Panji Asmorobangun yang asalnya dari Dhaha Kediri.

Source http://lotusgardenhotel.com/ http://lotusgardenhotel.com/kesenian-kethek-ogleng-di-kediri-jawa-timur/
Comments
Loading...