Kesenian Kentrung Bondowoso

0 186

Kesenian Kentrung Bondowoso

Kentrung merupakan hiburan rakyat, Kesenian tradisional masyarakat Bondowoso ini biasanya dipentaskan pada pesta Perkawinan,  pesta Khitanan dan acara syukuran lainnya.

Kentrung yang merupakan salah satu hiburan rakyat ini sekarang hampir terancam kelestariannya, untung masih ada beberapa grup yang masih peduli terhadap kesenian kentrung ini, diantaranya adalah grup dari Desa Poncogati Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, kentrung yang dikenal dengan nama/sebutan KENTRUNG TRIO NOOR ini dimainkan oleh tiga orang dan menggunakan alat sederhana yaitu Terbang (Rebana).

Sebenarnya “KENTRUNG TRIO NOOR” bukanlah nama Grup tapi karena pemain ketiga-tiganya bernama Pak Nor sehingga disebut Trianor. Kesenian Kentrung ini sangat populer/terkenal baik di kalangan masyarakat maupun Instansi Pemerintah di Kabupaten Bondowoso lebih-lebih pada hari-hari Besar Nasional serta pada event–event Pagelaran lainnya.

Kesenian tradisional masyarakat Bondowoso ini, dilihat dari penampilan mereka sangat menakjubkan, walaupun dengan biaya murah tapi meriah.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2011/12/27/kentrung-bondowoso/
Comments
Loading...