Kesenian Jawa : Wayang Kidung Lakbok di Ciamis

0 121

Kesenian ini menggambarkan berdirinya sejarah lakbok. Lakbok ialah salah satu nama kecamatan yang berada di kabupaten Ciamis. Kila merupakan singkatan dari Kidung Lakbok. Kila juga bisa diartikan dalam bahasa sundanya adalah kila – kila atau ciri dimana dulunya Lakbok ini adalah sebuah kerajaan yang subur makmur loh jinawi. Kerajaan yang pernah berdiri di Lakbok bernama Banjar Patroman. Kerajaan banjar patroman ini merupakan sebuah kerajaan yang diapit oleh dua kerajaan, di sebelah baratnya ada kerajaan Sukapura dan sebelah timurnya Banyumas.

Dalam sejarah tersebut, Banjar Patroman diperebutkan sehingga terjadilah perang saudara. Setelah itu, Banjar Patroman mendapat kutukan dari dewa. Kutukan tersebut membuat Kerajaan Banjar Patroman yang subur makmur berubah menjadi leuweung gong gong sima gong gong atau hutan belantara. Wayang kila ini terbuat dari bahan jerami padi, dan pagelaran wayang kila ini tidak menceritakan sejarah pewayangan seperti halnya wayang – wayang yang biasa pentas.

Wayang kila tentunya mempunyai cerita tersendiri. Dalam cerita ini kami memerankan tokoh Sanghiyang Dewi Sri, yang dalam artian sri itu adalah padi. Kenapa kami membawa cerita itu, karena dalam sejarah ini, Lakbok itu dulunya dikenal sebagai negara atau kerajaan yang subur makmur dengan tanaman padinya, bahkan hingga saat ini, Lakbok menjadi lumbung padinya Kabupaten Ciamis bahkan lumbungnya provinsi Jawa Barat.

Source kesenianciamis.blogspot.co.id kesenianciamis.blogspot.co.id/2015/11/15-kesenian-dari-kabupaten-ciamis.html
Comments
Loading...