Kesenian Jawa : Warna-Warni Budaya di Karnaval

0 66

Setelah tiga tahun tidak dilaksanakan, Karnaval Nusantara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68 kembali digelar. Dilaksanakan pada 18 Agustus 2013, rombongan Karnaval Nusantara menghadirkan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan karnaval dipusatkan di silang Monas tepatnya di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Sebelum diarak mengelilingi Jalan Merdeka, peserta karnaval terlebih dahulu mementaskan kesenian dari daerahnya masing-masing di pelataran istana, yang disaksikan Presiden dan para tamu undangan negara.

Setiap peserta diberi waktu sekitar 2,5 menit untuk melakukan pentas seni yang menarik di hadapan penonton. Perwakilan provinsi terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa piala bergilir dari Presiden RI. Dari istana, rombongan Karnaval Nusantara kemudian diarak memasuki Jalan Merdeka mengelilingi kawasan Monas. Sampai di panggung yang berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, setiap perwakilan provinsi kembali mempertunjukkan pentas seni untuk kedua kalinya.

Sementara, di sepanjang trotoar, masyarakat sudah berkumpul. Mereka ingin menyaksikan warna-warni eksotis berbagai budaya nusantara. Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan Karnaval Nusantara juga bertujuan memperkenalkan keanekaragaman budaya nusantara kepada masyarakat luas. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat menumbuhkan sikap cinta tanah air, melestarikan kebudayaan, dan saling menghormati antarsesama, sambil terus mensyukuri kekayaan tradisi dan budaya Indonesia.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/warna-warni-budaya-dalam-karnaval-nusantara-hut-ke-68-ri
Comments
Loading...