Kesenian Jawa : Wanda Kedok pada Seni Topeng

0 221

Cirebon sebagai salah satu wilayah ujung timur batas provinsi Jawa Barat keberadaan kesenian daerah ini begitu banyak memiliki keunikan baik dalam bentuk seni musik, tari, drama maupun seni rupa dan lain-lain. Semua potensi seni budaya  yang cukup beragam ini keberadaanya dewasa ini dapat dikatakan cukup bervariatif, ada yang berkembang pesat seperti seni Topeng, Wayang, Sandiwara, Lukis Kaca dan lain lain. Disamping itu ada pula jenis kesenian yang kurang dapat berkembang  bahkan eksistensinya sudah tinggal namanya saja.

Keberadaan dan eksistensi kesenian tradisi ini tentu akibat dari berbagai faktor yang melingkupinya seperti tidak adanya sistem pewarisan secara berkelanjutan, kurangnya daya dukung dan menurunnya minat masyarakat terhadap kesenian tradisional akibat makin memudarnya apresiasi dan perubahan sikap hidup. Bergesernya sikap masyarakat ini otomatis mengakibatkan berubahnya sikap dan semangat para seniman dalam mempertahankan warisan leluhurnya yang mereka jaga sehingga satu persatu materi keseniannya mengalami pergeseran bahkan ada beberapa ragam kesenian yang mengalami kepunahan.

Diantara beberapa jenis kesenian Cirebon  yang mengalami banyak kepunahan adalah seputar seni kerajinan kedok atau masyarakat umum lebih akrab menyebutnya dengan istilah seni kerajinan topeng. Menurut Endo Suanda topeng pada umumnya diidentikan dengan muka. Topeng berfungsi menutupi atau mengganti perwujudan muka pemakainya, namun ada pula beberapa jenis topeng yang pada prakteknya tidak.

Source disporbudpar.cirebonkota.go.id disporbudpar.cirebonkota.go.id/artikel/58-wanda-kedok-pada-seni-topeng-cirebon
Comments
Loading...