Kesenian Jawa : Wahyu Lintang Johar, Versi Kethoprak

0 15

Wahyu Lintang Johar

ketika mendengar judul tersebut, secara refleks ingatan akan tertuju pada sendratari  yang telah menjadi ikon seni budaya desa Gilangharjo. Sendratari tersebut merupakan garapan Pendamping Desa Gilangharjo bersama karang taruna yang telah berhasil melakukan perfomance di kantor Bupati dan kantor Gubernur pada acara Penganugerahan Budaya 2017. Forum Komunikasi Kethoprak (FKKB) Kecamatan Pandak  (28/8) tengah mempersiapkan sebuah pertunjukkan seni kethoprak dengan judul “Wahyu LintangJohar” bertempat di cagar budaya Pendhapa Jetis, Gilangharjo, Pandak, Bantul.

Latihan tadi malam merupakan latihan ke tiga untuk mempersiapkan tampilan pada Festival Kehoprak Kabupaten Bantul. Festival Kethoprak akan diselenggarakan pada tanggal 25 September 2018 di Pendhapa Mulyodadi. Para wayang dan pengrawit adalah karangtaruna desa dari lintas desa di Kecamatan Pandak. Proses regenerasi yang telah dirintis dalam kurun 5 tahun, telah mampu mencetak generasi muda yang terampil dalam seni kethoprak. Kolaborasi kethoprak dan tari diolah menjadi suatu karya yang menonjolkan sisi heroik. Harapannya, pada Festival Kethoprak tahun ini FKKB Kecamatan Pandak dapat menampilkan yang terbaik dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.QuHDeqra0rtKQi_cUfEQQfEasprEXlNcu_Vxjp0ArwjMiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...