Kesenian Jawa : Ukiran Jepara Warisan Sungging

0 140

Di masa Kerajaan Majapahit, saat Sang Raja Brawijaya berkuasa, ada kisah seorang pelukis dan ahli pahat yang sangat terkenal. Ia bernama Sungging Prabangkara. Banyak karya dan lukisan yang telah dihasilkan oleh Sungging Prabangkara. Sungging Prabangkara dikisahkan sebagai seorang abdi dalem Kerajaan Majapahit yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang seni. Begitu terkenalnya Sungging Prabangkara, sampai dia pun ditugaskan melukis dan memahat di Kerajaan Cina.

Sebagai delegasi Majapahit, tentu saja Sungging Prabangkara mengambil kesempatan tersebut. Sebagai seniman lukis, Sungging Prabangkara juga pernah diutus untuk mendatangi Kerajaan Galuh Padjajaran untuk melukis kecantikan Putri Dyah Ayu Pitaloka. Karena kecantikan dan kemiripan lukisan dengan sosok sang putri, akhirnya Raja Majapahit ingin mempersunting Putri Dyah Ayu Pitaloka. Sungging Prabangkara dikisahkan belajar ukiran di Cina, namun dia memiliki keahlian dasar sebagai pelukis.

Kisah Sungging Prabangkara ini diceritakan oleh Legisan, seorang pengrajin ukiran Jepara saat tim IndonesiaKaya.com mengunjungi workshop Adi Putra Galeri miliknya di daerah Mulyoharjo Jepara. Di kekaisaran Cina, Sungging dikisahkan disuruh untuk melukis seorang permaisuri raja dalam keadaaan tanpa busana. Saking indah dan detailnya lukisan tersebut sampai tergambar tahi lalat di bagian kewanitaan sang permaisuri. Melihat lukisan itu, sang Raja marah karena mengetahui Sungging Prabangkara telah menghianati keinginan sang Raja dengan tidak senonoh melukis bagian terlarang.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/ukiran-jepara-warisan-sungging-prabangkara-seniman-jaman-majapahit
Comments
Loading...