Kesenian Jawa : Terbang Buhun, Kesenian di Sumedang

0 58

Jenis-jenis kesenian yang ada di Sumedang yang sudah terinfralisir kurang lebih ada 59 jenis kesenian. Salah satunya adalah seni Terbang Buhun yang ada di dusun pangjeleran, desa Cigitung. Seni Terbang Buhun ini dulunya dipakai untuk menyebarkan agama Islam ke masyarakat yang pada saat itu didominasi oleh masyarakat beragama Hindu. Begitu sulit untuk memberikan pemahaman tentang agama Islam kepada masyarakat yang tidak memeluk agama Islam.

Penyebarannya pun dilakukan sedikit demi sedikit melalui budaya yaitu seni Terbang Buhun. Untuk memasukkan unsur Islam ke masyarakat Hindu, tentunya bagian dari agama Hindu harus masuk, dan unsur agama Islam pun harus masuk. Dimulai dari tradisi bakar kemenyan, dan menyuguhkan sesajen, sama seperti yang ada di dalam ritual agama Hindu. Kemudian, memasukkan unsur Islam menggunakan seni terbang dengan meleantunkan bait-bait sholawatan.

Lalu dibuatkan seorang tokoh bernama Nyi Pohaci. Tokoh tersebut diceritakan mulai dari lahir, kemudian ditimang, lalu dipesantrenkan. Hanya saja istilah dipesantrenkan diganti dengan kata disekolahkan. Karena pesantren hanya ada di dalam unsur agama Islam. Cara itulah yang dilakukan oleh para wali yang menyebarkan agama Islam di wilayah desa Cigintung. Menurut orang terdahulu, ada delapan orang generasi penerus seni Terbang Buhun. Hanya saja, pak Mardi, salah satu penabuh seni Terbang Buhun yang merupakan keturunan ke delapan itu.

Source Featureb featureb.wordpress.com/2016/06/20/seni-terbang-buhun-sebagai-alat-penyebaran-agama-islam
Comments
Loading...