Kesenian Jawa : Tari Topeng Randegan Jatitujuh, Majalengka

0 233

Tari Topeng Randegan Jatitujuh merupakan salah satu seni tari yang khas di miliki Kabupaten Majalengka. Bila kesenian tradisional ini tidak ditelorkan kepada generasi muda, dipastikan seni topeng ini akan punah. Puluhan anak-anak dan remajapun antusias untuk belajar tari topeng Randegan tersebut. Adalah aula pendopo Kecamatan Jatiwangi menjadi salah satu tempat untuk berlatihnya anak-anak menari topeng Randegan tersebut. Jumat (14/8) lalu, wartawan koran ini melihat langsung proses latihan para penari.

Anak- anak yang berlatih menari topeng Randegan setiap Jumat dan Minggu mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.00

kata Ketua Sanggar Gosali, Tini Hartini. Menurutnya,  rencananya para penari topeng Randegan akan  tampil pada festival tari international di Solo pada Mei 2016  mendatang. Kemudian, September  2015 mendatang akan dilaksanakan Bebarang alias kegiatan ngamen dengan tarian anak-anak di Jatitujuh, Ligung, Jatiwangi dan sekitarnya.

Beberang ini merupakan agenda rutin untuk melatih mental dan mengevaluasi hasil latihan serta memperkenalkan tari topeng ke masyarakat

beber istri Sekcam Jatiwangi, Tata Suharta BA ini. Tini menambahkan, saat ini Pemkab Majalengka tengah berbenah untuk mewujudkan pembangunan BIJB, sedangkan senimannya sibuk melestarikan seni tradisionalnya berupa tari topeng dan karawitan.

Indramayu memiliki Mimi Rasinah, Majalengka memiliki maestro topeng Randegan Ita Rawita

imbuhnya. Sementara itu, seorang  penari, Almi Rizki Munawar mengaku, tertarik untuk berlatih menari topeng Randegan tersebut.

Source radarcirebon.com radarcirebon.com/tari-topeng-randegan-mulai-diminati.html
Comments
Loading...