Kesenian Jawa: Tari Grebeg Sabrang

0 29

Tari Grebeg Sabrang

Tari Grebeg Sabrang yang merupakan sebuah tarian tentang perjalanan pasukan prajurit sabrang menuju medan perang dengan tekad yang bulat, berani dan gagah perkasa.Secara filosofi Grebeg berarti berjalan secara bersama-sama, sedangkan Sabrang berarti negeri seberang yang nun jauh disana. Jadi tarian ini merupakan pasukan prajurit dari negeri yang jauh menuju perang secara bersama-sama. Tari Grebeg Sabrang berasal dari Jawa Timur tepatnya Kota Malang, tarian ini identik dengan tarian kelompok yang dilakukan lebih dari satu orang, dimana penari yang paling depan identik dengan kepala pasukan/prajurit perang, sedangkan yang lainnya adalah pengikutnya.

Tarian ini ditarikan pada pagelaran Langen Beksan Nemlikuran di pendopo SMKN 8 Surakarta yang digelar pada tanggal 26 September 2018 sebagai ajang silaturahmi alumni para pelajar sekolah ini. Selain pagelaran, tempat ini digunakan sebagai tempat dan sarana untuk berekspresi bagi seniman-seniman Surakarta khususnya. Tari Grebeg Sabrang ini ditarikan oleh Arjasora (Arek Jawa Timur di Surakarta), sebuah komunitas bagi mahasiswa-mahasiswa dari Jawa Timur yang belajar di ISI Surakarta. Tapi dalam perkembangannya banyak mahasiswa dari luar jawa Timur malah ikut bergabung dalam komunitas ini.

Komunitas ini sebagai wadah bagi siapa saja yang ingin belajar seni budaya Jawa Timur.Gerak dalam tarian ini memakai gerak tari tradisi gaya Malangan (Jawa Timuran) yang geraknya cenderung gagah dan mantap dengan gerak kaki dan badan yang tegas tapi tetap luwes yang menunjukan pasaukan/prajurit perang. Struktur tariannya terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu awalan, reff, ragam satu, reff, ragam dua, reff dan akhir. Reff disini ada beberapa ragam gerak dengan pola lantainya membentuk  angka delapan yang mempunyai makna pasukan berangkat ke medan perang.

Busana yang dikenakan pada bagian kepala menggunakan irah-irahan seperti mahkota dengan warna keemasan. Bajunya tanpa lengan, celana ¾ serta memakai badong, stagen motip cinde, rampek depan belakang (ciri khas tari topeng Jawa Timuran), sampur dan goseng (krincingan yang dipakai di bagian kaki penari). Sebenarnya Tari Grebeg Sabrang merupakan tari topeng, tapi kali ini tidak menggunakan topeng tapi diganti dengan riasan karakter gagah tampan, yang memberikan karakter gagah dan tegas seperti prajurit perang.

Iringan musik yang mengiringi tarian ini menggunakan gamelan klasik Jawa secara live show dengan gendhing-gendhing Jawa Timuran (grebeg) laras pelog yang intinya menceritakan perjalanan prajurit perang menuju laga medan perang dengan dominan pada kendangnya. Sebuah tarian yang selain menunjukan kegagahan dan ketegasan sepasukan prajurit negeri sabrang, tarian ini juga ingin menunjukan sisi lain dari seorang perempuan yang tidak hanya feminim saja, tetapi mempunyai sisi yang lain yaitu tegas dan kuat sebagai bagian dari pasukan perang.

Source https://myimage.id https://myimage.id/tari-grebeg-sabrang/
Comments
Loading...