Kesenian Jawa: Tari Geculan Bocah

0 16

Tari Geculan Bocah adalah sebuah tarian yang dilakukan anak-anak dengan busana Warok Ponorogo yang berkembang pesat di sekitar lereng Gunung Merbabu. Tarian ini bercerita tentang keceriaan dan tingkah laku anak-anak didunianya yang selalu riang gembira sedang bermain dengan anak-anak sebayanya. Tari Geculan Bocah ini geraknya sangat sederhana sekali dan cenderung tidak ada gerak pakemnya, sehingga mudah dipelajari dan ditarikan untuk anak-anak.

Tapi walaupun tanpa gerak yang tidak pakem, mereka menarikannya dengan kompak, gerakan badan yang disesuaikan dengan irama lagu yang mengiringi membuat tarian ini nikmat untuk kita tonton. Dari segi kastum, Tari Geculan Bocah dibuat seperti Warok Ponorogo dari Jawa Timur, dimana mereka menggunakan atribut-atribut seperti stagen, ikat kepala, jarik yang bermotif dengan warna coklat sampai tali kolor. Sedangkan untuk riasannya ada yang unik disini terutama riasan wajah para penarinya dibuat lucu seperti badut.

Dari mulut, alis sampai mata dibuat lucu sekali. Dengan busana dan riasan yang unik ini, Tari Geculan Bocah ditarikan dengan unik dimana disetiap geraknya mengundang senyum. Bagaimana tidak mengundang senyum, para penarinya melakukan gerakan-gerakan tari terutama gerakan mimik wajah yang lucu sekali (marake gemes thok) dalam bahasa jawanya. Mulai dari pipi yang dibuat bulat kayak balon sampai gerakan mulut yang dibuat menceng sana sini atau tidak beraturan. Tapi kelucuan ini masih seirama dengan pola-pola dunia anak-anak.

Tari Geculan Bocah disetiap pertujukannya selalu ditungu-tunggu oleh para penonton. Mulai dari anak-anak sampai orang tua jika ada pertunjukan atau festival, dengan penampil tarian ini menjadi salah satu favorit penonton. Perkembangan Tari Geculan Bocah semakin pesat, bahkan di sekitar lereng Gunung Merbabu ini grup-grup tari banyak bermunculan serta mengembangkan tarian ini menjadi lebih menarik, terutama di daerah Getasan, Ngablak sampai Pakis.

Untuk musik yang mengiringi tarian ini biasanya menggunakan musik tradisional seperti  gamelan komplet ditambah kendang dan kadang ditambah drum. Disini iringan lagunya dominan kendang dan irama lagunya cenderung kocak, jenaka serta rancak. Kadang di tambahkan suara-suara dari mulut penabuh iringin ini sehingga menambah suasana jadi semakin ramai dan bersemangat bagi para penari maupun penontonnya.

Tari Geculan Bocah biasanya di lakukan secara berkelompok dimana setiap geraknya berhubungan dengan dunia anak-anak. Ini sangat membantu perkembangan anak-anak dimana anak-anak ini merupakan generasi penerus seni dan budaya Indonesia yang pada jaman sekarang banyak anak-anak di jajah oleh ranah teknologi digital sehingga lupa akan dunia anak yang sesungguhnya.

Durasi tarian ini biasanya kurang lebih 15-20 menit, sedangkan rata-rata isinya menceritakan tentang keceriaan anak-anak di dunianya, sedangkan kastum dan riasannya selalu menggunakan atribut-atribut Warok Ponorogo. Tari Geculan Bocah di harapkan menjadi saluran bagi anak-anak agar lebih mengenal budaya Indonesia agar terus lestari. Perlu kerja keras dan kepedulian yang tinggi agar tarian ini tetap bisa terjaga kelestariaanya.

Source https://myimage.id https://myimage.id/hebohnya-tari-geculan-bocah/
Comments
Loading...