Kesenian Jawa : Tari Dogdog Lojor (Cisolok, Sukabumi)

0 441

Tari Dogdog Lojor berasal Sukabumi yaitu Cisolok. Pada awalnya, Tari Dogdog Lojor adalah tarian untuk acara ritual padi, dan dilaksanakan setahun sekali setelah panen, tapi sekarang sudah bisa kita lihat di acara pagelaran budaya Sukabumi. Pada ritual yang sebenarnya, Seluruh masyarakat mengadakan acara Serah Taun atau Seren Taun di pusat kampung adat. Pusat kampung adat adalah tempat kediaman kokolot (sesepuh). Tempatnya pun selalu berpindah-pindah sesuai petunjuk gaib.

Pada awalnya kesenian ini menggunakan angklung dogdog lojor. Namun, sekarang diganti menggunakan alat musik seperti gendang kecil, karena angklung dogdog lojornya mulai jarang, tapi tidak mengurangi kehidmatannya kok. Tarian ini sangat unik, mulai dari lagu, kostum, hingga gerakannya. Saat menyaksikan tarian ini pun tidak akan merasa bosan atau pun jenuh. Mengapa bisa demikian? Karena suasana yang dibawakan dalam tarian tersebut yang merupakan bentuk syukur kepada yang Maha Kuasa atas hasil panen yang melimpah dan eskpresi-ekspresi yang dicerminkan dalam tarian tersebut.

Kesenian Dogdog Lojor terdapat di masyarakat Kasepuhan Pancer Pangawinan atau Kesatuan Adat Banten Kidul yang tersebar disekitar Gunung Halimun (berbatasan dengan Sukabumi, Bogor dan Lebak). Meski kesenian ini dinamakan Dogdog Lojor, yaitu nama salah satu waditra di dalamnya, tetapi disana juga digunakan Angklung karena ada kaitannya dengan ritual padi. Setahun sekali setelah panen.

Source artikelsukabumi.blogspot.co.id artikelsukabumi.blogspot.co.id/2015/11/tari-dogdog-lojor.html
Comments
Loading...