Kesenian Jawa: Tari Denok Deblong

0 35

Tari Denok Deblong merupakan sebuah tarian khas Kota Semarang yang diiringi dengan Gamelan Gambang Semarang.  Tarian ini yang jadi pembuka acara Gelar Karya “Pahlawan Tari” dalam rangka hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Sanggar Seni Jawa Tengah di Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah di Kota Surakarta pada tanggal 18 November 2017. Denok yang merupakan sebutan khas remaja putri yang cantik untuk daerah Semarang, sedangkan Deblong adalah timangan (kudangan) dari sesesok ibu atau biyung kepada putrinya yang bermakna kecantikan dan kepandaian.

Tari Denok Deblong menceritakan tentang keceriaan masa remaja putri yang cantik rupawan. Tarian ini ditarikan oleh para remaja putri yang mana gerak tarian yang berasal dari tari klasik Jawa yang dikembangkan lebih kekinian mampu menarik penikmat dan pemerhati tari di Pendopo Taman Budaya Jawa Tegah ini terkesima, apalagi penataan lampu (lighting) panggung sangat bagus sehingga menambah keindahan tari ini waktu disajikan. Selain menceritakan tentang keceriaan seorang remaja putri yang cantik Tari Denok Deblong juga menceritakan agar para remaja putri ini besoknya menjadi putri yang berguna bagi orang tua, agama dan negaranya.

Iringan lagu yang mengiringi Tari Denok Deblong ini adalah Gamelan Gambang Semarang dimana ini merupakan sebuah kesenian akulturasi budaya antara etnis Tionghoa dengan Jawa yang tumbuh dan hidup di Kota Semarang sampai sekarang ini.Gambang Semarang versi terkini mempertunjukan kolaborasi antara musik, vocal dan tari Jawa. Sebagai sebuah pementasan seni musik yang sekarang menjadi ikon kota Semarang, dalam hal ini Gambang Semarang juga menjadi satu representasi kebudayaan Semarang yang ada sejak jaman dulu yang menambah keberagaman seni dan budayanya. Tarian ini dapat digunakan sebagai sarana guna menghimpun potensi Budaya yang mencakup keberadaan dan bentuk kesenian rakyat  Semarang, selebihnya Jawa Tengah yang juga punya seni dan budaya Semarangan.

Source https://myimage.id https://myimage.id/tari-denok-deblong/
Comments
Loading...