Kesenian Jawa : Tari Boboko Mangkup, Atraksi Tari

0 24

Ada yang begitu berbeda saat menyaksikan tari yang satu ini. Pemandangan bakul besar atau dalam bahasa Sunda disebut boboko, terlihat dalam posisi terbalik berada di atas panggung dan tiba-tiba satu penari pria keluar dari balik bakul. Dengan gaya seolah menjadi pemimpin, penari pria ini berputar-putar di sekitar boboko. Tiba-tiba, enam orang anak kecil keluar dari dalam boboko dan ikut menari bersama si penari pria. Itulah gambaran permulaan tari boboko mangkup yang melibatkan satu penari laki-laki, lima penari perempuan dan enam penari anak-anak.

Dalam tarian ini, penonton seperti dihibur dengan kejutan-kejutan yang dihadirkan tarian ini. Seperti ketika tiba-tiba keluar penari yang membawa ular dari balik panggung dan membuat gaduh suasana. Serentak kemunculan sang ular membuat anak-anak kecil berhamburan dan perlahan-lahan dari balik boboko muncul penari perempuan dengan hiasan kepala seperti mahkota yang menjulang tinggi. Di panggung, kelima penari wanita ini berputar-putar memainkan boboko dengan gerakan lemah gemulai.

Terkadang sesekali kelima penari ini seperti termenung melihat ke langit. Penari ini sesekali juga merentangkan tangan dan dengan jari-jari yang lentik menari di atas boboko yang terbalik diiringi iringan musik yang berasal dari kendang kecapi laras, salendro, dan kecapi laras madenda, suling, kolotok, kecrek/simbal, bas elektrik, gong besar.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-boboko-mangkup-atraksi-tari-dalam-bakul
Comments
Loading...