Kesenian Jawa : Tampah Jadi Alternatif Medium Lukis

0 52

Tampah yang makin tergusur oleh bahan lain semisal plastik dan logam, seorang pelukis di Desa Bade, Kecamatan Klego, Ki Djoko Sutedjo, menggunakan perabot rumah tangga tradisional yang terbuat dari anyaman bambu, sebagai media untuk melukis. Perihal penggunaan tampah sebagai media lukis, Ki Djoko mengatakan jika penggunaan media tersebut untuk menambah nilai dan kegunaan tampah yang biasanya hanya digunakan untuk membantu proses masak – memasak di dapur saja.

Eman-eman melihat kondisi tersebut, ia pun mencoba bereksperimen menggunakan tampah sebagai media alternatif untuk melukis. Tekstur tampah yang terbuat dari bambu yang berserat ternyata sangat cocok sebagai salah satu media lukis. Terlebih bentuk tampah yang melingkar dengan berbagai corak anyaman menambah nilai artistik dari lukisan itu sendiri. Baginya, tampah tak sekedar perabot rumah tangga, tapi sebuah karya seni.

Syukur-syukur sekalian mensosialisasikan tampah agar banyak dipakai kembali oleh masyarakat. Sebab penggunaan tampah saat ini makin tergusur oleh perabot berbahan plastik atau logam karena memang lebih awet

kata Djoko. Selain sebagai upaya mempertahankan eksistensi tampah, media tersebuit dipilih juga karena ramah lingkungan dan tentunya lebih murah dari kanvas. Tampah juga mudah ditemukan di banyak pasar-pasar tradsional. Dengan sedikit imajinasi, tak hanya untuk media lukis, sambung Ki djoko, tampah bisa diubah menjadi hasil seni nilai artistik tinggi.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.F3zGTGmxdVz7W0EaN0FK6jx8UYi8zLpNgVFuCTuLxokqhkGzw2KTiOQG5mGdJ6yRkfQ8GSiAlVt-HOAIP-eshg
Comments
Loading...