Kesenian Jawa : Sulitnya Membuat Wayang Kulit !

0 48

Seni pertunjukan boneka sebenarnya bukan monopoli bangsa Indonesia, berbagai negara lain juga mempunyai kesenian tersebut. Meski demikian, wayang kulit sebagai seni pertunjukan boneka memilki ciri khas yang berbeda dengan seni pertunjukan boneka lainnya. Ciri khas pembeda tersebut terletak pada gaya tutur dan kisah yang diceritakan dalam pertunjukkan wayang kulit dirasakan lebih menarik. Wayang kulit sebagai embrio dari berbagai jenis wayang yang ada sekarang mungkin sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Namun demikian belum banyak orang yang mengetahui bagaimana proses pembuatan wayang kulit. Dalam proses pembuatan wayang kulit dibutuhkan kulit kerbau. Untuk menghasilkan wayang kulit berkualitas baik diperlukan kulit kerbau yang bagus. Ditemui saat hajatan besar Festival Keraton Sedunia 2013 di Jakarta, Saimono, seorang pengrajin wayang kulit asal Surakarta mengatakan,

Untuk menghasilkan wayang kulit berkualitas bagus dibutuhkan waktu sekitar satu bulan

Pembuatan wayang kulit tersebut melalui berbagai tahap yang rumit. Tahapan awal yang dilakukan dalam pembuatan wayang kulit adalah dengan membuat pola pada kulit yang sudah diolah. Pola tersebut kemudian menjadi pijakan dalam tahap menatah. Pada tahap menatah atau mengukir dibutuhkan ketelitian yang lebih untuk menghasilkan detail bentuk yang indah.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sulitnya-membuat-wayang-kulit
Comments
Loading...