Kesenian Jawa : Silat Silau Macan, Asal dari Condet

0 135

Apa yang terkenal dari Condet? Orang akan menjawab: salak dan dukunya. Padahal bukan itu saja. Wilayah konservasi budaya Betawi itu juga terkenal dengan warisan budaya silat, yang terkait dengan sejarah Condet sebagai tempat perlawanan rakyat menentang pemerintah kolonial Belanda. Tersebutlah cerita tentang H. Entong Gendut yang terkenal sebagai pemimpin perlawanan rakyat dari Condet pada 1916. Alkisah, Condet ketika itu merupakan kawasan udik di luar kota Batavia Lama (Oud Batavia), yang dikembangkan oleh tuan tanah Belanda. Orang Belanda menyebutnya Groeneveld atau Tandjoeng Oost (Tanjung Timur)

Lahan Tandjoeng Oost dikenal subur dan digunakan untuk persawahan dan peternakan, yang ketika itu mencapai 6.000 sapi. Tuan tanahnya, Van Riemsdijk, menjadi kaya dan membangun rumah megah bertingkat yang disebut Vila Nova pada 1756. Oleh penduduk setempat, bangunan itu disebut gedong dan kampungnya diberi nama Kampung Gedong, yang sekarang menjadi nama salah satu kelurahan di Condet. Sepeninggal Van Riemsdjik, tiap kali diadakan penggantian tuan tanah, diadakan pajak baru yang memberatkan rakyat Condet.

Akibatnya banyak petani yang bangkrut lantaran tak mampu membayar pajak, rumah mereka pun dibakar atau hasil kebun dan sawahnya dirampas. Melihat penderitaan rakyat, Entong Gendut dan sejumlah warga Condet melakukan perlawanan dengan menyerbu Vila Nova, yang ketika itu ditempati Lady Lollinson dan para centengnya. Pemberontakan itu diredam.

Source Pencak pencaksilat.wordpress.com/2007/03/01/silau-macan-dari-tanah-condet
Comments
Loading...