Kesenian Jawa : Sesempretan, Berarti Bersuara “Pet-Pet”

0 48
Sesempretan berarti bersuara “pet-pet”, selain itu pada jenis musik tradisional Sunda yaitu terompet bagian belakang yang menjadi sumber suara dinamakan “mpet”, tarompet adalah jenis alat tiup pengiring pertunjukan Tari, Penca Silat, Reog, dan iringan seni Beladiri Benjang. Bahwa asal terompet itu adalah dari permainan empet-empetan. Mainan mpet-mepetan atau didaerah Subang disebut sesempretan, dibuat dari batang padi. Untuk Memainkannya yaitu dengan cara meniupnya.
Salah satu kerajina atau karya yang dapat dibuat dari batang padi merupakan permainan yang kebanyakan orang zaman sekarang  tidak mengetahuinya. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak pedesaan termasuk saya pada saat selesai pemanenan padi. Permainan terompet padi memang cukup sederhana dan juga terompet ini dapat kita dapatkan cukup dengan cara mengambil sebatang padi kemudian dibuatlah terompetnya. Sesempretan merupakan salah satu media yang biasa digunakan oleh anak pedesaan ketika mereka sedang galau maupun sedang sedih karena permainan ini merupakan salah satu permainan yang menyenangkan. Untuk mendapatkannya juga tidak begitu sulit, serta tidak membutuhkan biaya begitu besar.
Adapun cara pembuatan terompet dari batang padi sebagai berikut:
1. Ambil batang padi yang  sudah cukup tua
2. Bersihkan pembungkus batang padi tersebut dari daun dan jerami kering. Pecahkan secara hati-hati, di dekat pangkal bukunya atau iris dengan pisau. Pecahan atau irisan tersebut, membentuk suar. 
Source Mang Yono mangyono.com/2016/08/empet-empetan-sesempretan-terompet-dari-batang-padi-jerami.html
Comments
Loading...