Kesenian Jawa : Seniman Ramaikan Centhini Gunung

0 134

Sebanyak 350 seniman memenuhi ruas jalan utama kawasan kaki Gunung Andong Magelang, tepatnya di Dusun Mantren Wetan Desa Girirejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Seniman dari banyak daerah dan komunitas tersenbut mengadakan kirab atau perform dari dua arah. Mereka ini dari beberapa grup kesenian, diantaranya dari Bandongan, Warangan, Gejayan, Keditan, keron, Forum Kilometer Nol Borobudur, Mantran dan Pascasarjana ISI Yogyakarta maupun lainnya.

Kegiatan ini bernama pawai seniman ‘Pluralisme Kirab Gunung’ dalam rangkaian pertunjukan Centhini Gunung yang dilaksanakan  Komunitas Lima Gunung dan The Wahid Institute, serta menjadi bagian kegiatan Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) 2016. Beberapa Centhini Gunung secara bergantian menampilkan kreasi masing-masing, diantaranya Setya RKJ dengan Centhini Kondho,  Ayu Permata dari Lampung dengan “Dentingan Centhini”, Nungki Nurcahyani dengan “Ni Centhini”, Sekartaji Suminto dengan Centhini Bohemian.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.mE93siTbPxYyoLNf1Gd9G-MDQQD8dZtLqGuu8HE0DlSabLJKFw1RTVYDI5YTrDWRjJqDZamczP-1k6Jtj1lwhw
Comments
Loading...