Kesenian Jawa : Seni Gejok Lesung Candra Wirama

0 105

Kesenian Gejog Lesung “Candra Wirama” Dusun Ngunan unan Desa Srigading, Sanden, Bantul merupakan salah satu kelompok seni tradisional yang masih memiliki dan mampu memberikan spirit dalam menjaga kelestarian seni budaya yang ada di Desa Srigading. Bertempat di pendopo rumah Bapak Suripno kelompok ini melakukan latihan rutin dengan di hadiri oleh anggota yang merupakan warga Dusun Ngunan unan yang mayoritas merupakan ibu ibu yang sudah lanjut usia.

Dari segi profesi, anggota di kelompok Candra Wirama berprofesi sebagai petani, meskipun begitu semangat di kelompok ini sungguh sangat luar biasa. Gejog lesung merupakan kesenian rakyat yang mengandalkan media lesung sebagai alat penghasil bunyi atau suara iramanya. Lesung biasa terbuat dari bahan kayu yang keras seperti kayu jati, Nangka dll, yang dibuat menyerupai bentuk perahu dan dengan alu atau tongkat tongkat pendek sebagai alat pemukulnya sehingga menghasilkan dentakan dentakan suara yang dijadikan sebagai iringan dalam melantunkan lagu lagunya.

Srigading budayane warna warni, Prakawula sak iyek sak eka kapti, Poro pamong tansah budidoyo, Wargane makaryo lestari seni budaya

ini merupakan petikan syair dalam lagu yang dinyanyikan oleh kelompok Candra wirama. Dalam gejog lesung ini terdapat banyak lagu lagu Jawa yang bisa dikembangkan dalam bentuk tembang yang harmonis. Menurut Astuti Handayani,S.Pd, selaku Pendamping Seni Budaya Srigading.

Source tasteofjogja.orghttp://tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.b7LUBdFzoKVPR691tWrN_oAwhmY_xs9RhaGj1unEzoLJ0bygmuoZRD28L7YKm7ywBcOtuhC1tSnrJbszVKHf6Q
Comments
Loading...